Milenial Dominasi Pasar Saham 53%, Literasinya Apa Kabar?

Siti Fatimah - detikFinance
Kamis, 02 Des 2021 19:45 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) naik 26 poin mengekor penguatan bursa global semalam. Aksi beli asing kembali muncul setelah kemarin menjual saham. Membuka perdagangan, Rabu (22/10/2014), IHSG menanjak 32,408 poin (0,64%) ke level 5.061,752.
Foto: Rengga Sancaya

Dia mengakui, belum banyak yang dilakukan KSSK untuk memberikan edukasi. Akan tetapi, ke depan pihaknya berkomitmen akan memberikan literasi termasuk menyediakan beberapa alat untuk melihat pergerakan saham yang bisa digunakan investor muda.

"Kalau sekarang belum banyak yang kita lakukan ya, cuma ke depan kita sadar bahwa kaum milenial kita 53% berinvestasi di pasar modal harus dibekali dengan pemikiran ke depan (dan) memberikan semacam pelatihan," ujarnya.

"Jadi di mata kami perkembangannya amat bagus karena ini modal untuk investor kita tumbuh tapi kalau tidak kita latih dan mereka kecewa mereka akan lari. Akibatnya base investor kita nggak bisa naik (serta) pendalaman finansial sektor kita yang selama ini kita cari-cari dan kita kembangkan tidak bisa terjadi. Nanti yang ingin kita dapat stabilitas sistem finansial yang didukung oleh base investor yang kuat," pungkas Purbaya.


(fdl/fdl)