ADVERTISEMENT

Kode Broker Ditutup, Apa Dampaknya ke Transaksi Saham Hari Ini?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 06 Des 2021 16:28 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok 5% ke level 4.891. Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara perdagangan saham siang ini.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Penutupan kode broker resmi berlaku pada hari ini. Di saat yang sama, beberapa emiten baru melantai di Bursa, salah satunya PT Cisarua Mountain Dairy Tbk (CMRY).

Di awal perdagangan, saham CMRY sempat tertekan. Namun, saham emiten tersebut kemudian bangkit.

Lantas, apakah ada pengaruh penutupan kode broker terhadap aktivitas transaksi saham?

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono W Widodo tak mengetahui apakah penutupan kode broker ini berpengaruh pada naik turunnya harga saham yang melantai di bursa hari ini.

"Apakah ada IPO-IPO, ada yang besar, ada yang sedang, ada yang kecil hari ini, yang besar hari ini Cimory sempat turun walaupun rebound di atas harga IPO, apakah ada hubungannya dengan penutupan kode broker? Kita nggak tahu, itu investor behavior yang mungkin agak sulit ditebak," terangnya dalam konferensi pers, Senin (6/12/2021).

Namun, berdasarkan data yang ada, transaksi hari ini mencapai Rp 7 triliun. Kemudian, frekuensi transaksi menyentuh angka 800 ribu. Dari situ, ia menilai, tak melihat dampak penutupan kode broker terhadap transaksi.

"Menurut saya sih ini masih suatu hal yang dalam batas wajar. Jadi kami tidak terlalu melihat sebagai dampak dari penutupan kode broker," ujarnya.

(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT