ADVERTISEMENT

Saham Evergrande Ambrol Gara-gara Ini

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 06 Des 2021 20:15 WIB
Evergrande
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Saham raksasa properti China, Evergrande Group anjlok ke level terendah pada Senin ini. Saham perusahaan anjok usai pengembang bicara mengenai pembayaran kupon.

Dikutip dari Reuters, Senin (6/12/2021), setelah melakukan tiga kali pembayaran kupon dalam dua bulan terakhir, hari Senin Evergrande dihadapkan pada akhir masa tenggang 30 hari dengan total US$ 82,5 juta.

Saham perusahaan anjlok 20% menyusul pernyataan pada hari Jumat yang menyatakan bahwa kreditur meminta US$ 260 juta dan tidak dapat menjamin dana untuk pembayaran kupon. Hal itu pun mendorong pihak berwenang memanggil chairman-nya.

Dua pemegang obligasi menyatakan, mereka belum menerima pembayaran dari Evergrande. Evergrande sendiri menolak untuk berkomentar.

Pengembang terlaris di China itu saat ini sedang bergulat dengan utang dengan total lebih dari US$ 300 miliar.

Pernyataan perusahaan mendapat respons dari otoritas dari perusahaan itu berasal, Guangdong. Mereka akan mengirim tim atas permintaan Evergrande untuk mengawasi manajemen risiko, memperkuat kontrol internal dan mempertahan operasi.

Bank sentral, regulator perbankan dan asuransi, dan regulator sekuritas juga merilis pernyataan mengatakan risiko pada sektor properti dapat dikendalikan.

Setelah serangkaian pernyataan, saham Evergrande menukik tajam 20% pada hari Senin, ditutup pada level terendah sepanjang masa di HK$1,81.

(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT