ADVERTISEMENT

Nestle Lepas 3% Saham di L'Oreal Rp 143 Triliun

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 08 Des 2021 09:30 WIB
Nestle
Foto: Dok. Reuters
Jakarta -

Nestle mengumumkan akan mengurangi kepemilikan sahamnya di L'Oreal menjadi sekitar 20% dengan menjual saham senilai US$ 10 miliar, atau setara Rp 143 triliun (asumsi kurs: Rp 14.300).

Setelah kesepakatan itu, Nestle mengatakan akan memiliki 20,1% saham L'Oreal, turun dari 23,3%. L'Oreal, sementara itu akan membeli kembali saham yang mewakili 4% dari modalnya dan membatalkannya paling lambat pada 29 Agustus. Demikian disadur detikcom dari Reuters, Rabu (8/12/2021).

L'Oreal, yang membayar 400 euro per saham, mengatakan kesepakatan itu akan memiliki efek accretive (pertumbuhan atau peningkatan bertahap) pada pendapatan per saham perusahaan lebih dari 4% dalam setahun penuh. Perusahaan kecantikan itu membayar dengan uang tunai dan utang.

Sebagai hasil dari transaksi yang diperkirakan akan selesai dalam beberapa hari mendatang, keluarga Bettencourt Meyers akan melihat saham mereka naik menjadi 34,7% dari 33,3%, tetapi tidak akan diminta untuk meluncurkan tawaran pengambilalihan seperti yang biasanya diperlukan untuk melewati ambang batas kepemilikan di atas sepertiga modal.

Nestle mengatakan akan menghentikan rencana pembelian kembali sahamnya saat ini pada akhir tahun, setelah membeli kembali saham senilai 12,7 miliar franc Swiss atau hampir dua pertiga dari volume program.

(toy/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT