ADVERTISEMENT

Pakai BI FAST Transfer Uang Bisa Modal Email/ Nomor HP

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 24 Des 2021 19:30 WIB
BI-Fast
Foto: BI-Fast (Luthfy Syahban/detik.com)
Jakarta -

BI Fast Payment sudah resmi diluncurkan oleh Bank Indonesia (BI). Dengan BI FAST ini maka pengiriman uang lintas bank bisa lebih murah yakni Rp 2.500 per transaksi.

Bank sentral menyebutkan dengan BI FAST ini sistem pembayaran ritel akan menjadi lebih cepat, murah, mudah, aman dan handal. Selain itu diharapkan bisa mempercepat transformasi digital dan ekonomi nasional.

Direktur Distribution and Retail Funding BTN, Jasmin mengungkapkan nasabah juga bisa menjadi lebih mudah ketika mengirim uang. Karena tak perlu lagi menginput nomor rekening tapi bisa menggunakan alias email atau nomor handphone.

"Nasabah juga bisa menggunakan fitur proxy address di mana nomor rekening nasabah bisa diganti dengan alias berupa nomor ponsel atau email," kata Jasmin dalam keterangan resmi, Jumat (24/12/2021).

Asisten Gubernur BI, Filianingsih Hendarta mengungkapkan BI FAST ini adalah fast payment yang merupakan modernisasi sistem kliring nasional Bank Indonesia (SKNBI) yang menyediakan setelmen secara realtime.

"Ada proxy addressnya sehingga dana bisa langsung berpindah dalam hitungan kurang dari 1 menit," kata dia kepada detikcom, belum lama ini.

Bank Indonesia terus memperkuat sinergi kebijakan dan implementasi BI-FAST dengan pelaku industri, dalam rangka mengintegrasikan Ekonomi Keuangan Digital (EKD) nasional.

Implementasi BI-FAST merupakan salah satu upaya Bank Indonesia untuk terus mendorong akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan nasional melalui infrastruktur fast payment yang akan menjadi game changer untuk mengantisipasi perkembangan transaksi digital ke depan termasuk dalam memfasilitasi transaksi cross border.

Pada tahap awal di Desember 2021, implementasi BI-FAST fokus pada layanan transfer kredit individual dengan 21 Peserta Batch 1 yang telah go live .

Bagi calon peserta lainnya yang belum masuk sebagai peserta Batch 1, Bank Indonesia tetap membuka gelombang-gelombang berikutnya untuk menjadi peserta BI-FAST. Selanjutnya, layanan BI-FAST diperluas secara bertahap mencakup layanan bulk credit, direct debit, dan request for payment.

(kil/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT