Sahamnya Amsyong, Harta Jeff Bezos-Mark Zuckerberg Drop Rp 43 T

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 24 Jan 2022 22:15 WIB
Elon Musk vs Jeff Bezos
Foto: Dok. Detik
Jakarta -

Harta Jeff Bezos, Mark Zuckerberg dan konglomerat dunia lainnya tergerus dalam waktu seminggu. Hal itu dikarenakan saham mulai dari Google, Oracle, Amazon, dan Tesla mengalami penurunan.

Tercatat total kekayaan dari 10 orang paling tajir sedunia, minus 1 orang, jumlahnya turun sekitar US$ 3 miliar atau setara Rp 42,9 triliun (kurs Rp 14.300).

Melansir Forbes, Senin (24/1/2022) sejumlah saham mengalami penurunan minggu lalu yang disebabkan karena adanya serangkaian pengumuman kinerja perusahaan hingga kekhawatiran investor akan kenaikan suku bunga yang didorong oleh inflasi.

Misalnya harga saham Netflix turun lebih dari 20% pada hari Jumat kemarin. Disebabkan prospek pertumbuhan langganan yang dibawah perkiraan para analis. Kekayaan bersih salah satu pendiri dan CEO perusahaan itu, Reed Hastings turun Us$ 1 miliar menjadi US$ 4,1 miliar.

Sehari sebelumnya, saham Peloton jatuh lebih dari 20%, setelah CNBC melaporkan bahwa perusahaan peralatan olahraga itu berencana untuk menangguhkan produksi agar lebih selaras dengan permintaan konsumen.

Hal itu berpengaruh terhadap harta salah satu pendiri dan CEO John Foley, yang sempat menjadi miliarder di puncak pandemi. Kekayaan bersihnya sejak itu anjlok menjadi sekitar US$ 480 juta dari US$ 1,5 miliar pada April lalu.

Saham saingan Peloton, Beachbody juga jatuh sekitar 15% minggu ini. Penurunan saham juga semakin menurunkan jumlah kekayaan pendiri dan CEO Beachbody, Carl Daikeler dari sebelumnya US$ 1,7 miliar, sekarang kurang dari US$ 240 juta.

CEO Moderna, St├ęphane Bancel kekayaan bersihnya juga turun 22% menjadi US$ 5,2 miliar karena sahamnya jatuh selama enam hari berturut-turut. Mengingat penelitian yang berkembang menunjukkan bahwa vaksin booster Moderna kurang efektif terhadap varian omicron.

Saham teknologi secara keseluruhan sangat terpukul oleh kenaikan suku bunga yang menjulang. Masing-masing dari tiga indeks saham utama turun lebih dari 4% minggu ini. Yang paling terpukul adalah pendiri SnapChat Evan Spiegel dan Bobby Murphy, yang kekayaannya turun lebih dari 10% minggu ini, atau hampir US$1 miliar masing-masing.

Faktanya, semua kecuali satu miliarder dalam 10 peringkat teratas orang terkaya di dunia kehilangan setidaknya US$ 3 miliar termasuk Mark Zuckerberg dari Meta dan salah satu pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin.

Kekayaan bersih Tesla's Elon Musk dan Amazon's Jeff Bezos keduanya turun lebih dari US$ 19 miliar, menghasilkan perombakan di antara tiga orang terkaya di dunia.

Saham konglomerat barang mewah Bernard Arnault, LVMH, sebenarnya naik sedikit minggu ini, menambahkan US$ 4,5 miliar untuk kekayaannya dan mendorongnya melewati Bezos ke posisi runner-up yang selalu berfluktuasi.

(das/dna)