Pecah Rekor! Saratoga Bagi-bagi Dividen Rp 814 Miliar

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 21 Apr 2022 16:12 WIB
Pekerja berjalan dengan latar belakang layar pergerakan harga saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (8/4/2022). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari Jumat (8/4) sore ditutup naik 83,46 poin atau 1,17 persen menembus level  7.210. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.
Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Jakarta -

PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) memberikan dividen tunai kepada pemegang saham sebesar Rp 814 miliar. Jumlah itu merupakan rekor sepanjang perusahaan berdiri, di mana tahun lalu diberikan Rp 298 miliar.

Dividen tunai tersebut akan dibagikan kepada pemegang saham Saratoga yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan pada 11 Mei 2022 pukul 16.00 WIB. Pembayaran akan dilakukan pada 13 Mei 2022.

"Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pembagian dividen mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Bahkan bisa kami bilang ini rekor tertinggi dalam pembagian dividen kami secara total amount," kata Investor Relations SRTG Ryan Sual dalam paparan publik tahunan, Kamis (21/4/2022).

Ke depan, kata Ryan, Saratoga akan terus mengapresiasi dukungan pemegang saham dan akan terus memaksimalkan kinerja dari sisi manajemen untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan portofolio perseroan.

"Komitmen kami adalah memastikan setiap investasi yang dilakukan Saratoga dapat memberikan nilai tambah yang optimal bagi para pemegang saham dan juga bagi perekonomian Indonesia," tuturnya.

Sebagai informasi, emiten milik Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ini tercatat mampu menghasilkan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan ke pemilik entitas induk sebesar Rp 24,89 triliun di 2021. Jumlah itu melonjak 182% dari Rp 8,82 triliun di 2020.

Sepanjang 2021, perseroan juga mampu mencatatkan Net Asset Value (NAV) sebesar Rp 56,3 triliun. Nilai itu meningkat 78% dibanding tahun sebelumnya dan sebagian besar berasal dari kenaikan harga saham di hampir semua portofolio investasi perseroan terutama PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG), PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO), PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA) dan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. (MPMX).

Selama 2021, sejumlah langkah penting telah dilakukan perseroan dengan melakukan investasi baru di tiga perusahaan startup yaitu Xurya, SIRCLO dan Fuse, juga investasi di perusahaan media digital dan periklanan yakni City Vision. Saratoga juga menambah kepemilikan sahamnya hingga akhir Desember 2021 dibandingkan Desember 2020, di PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. (MPMX) dan PT Aneka Gas Industri Tbk. (AGII).

(aid/dna)