ADVERTISEMENT

Catat! Ini Jadwal Pembelian Saham BUMN yang IPO Super Raksasa

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 07 Mei 2022 14:30 WIB
Perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di zona hijau di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (8/11/2016). IHSG ditutup meroket hingga 1,57%.
IPO BUMN/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Raksasa asuransi sekaligus BUMN India, Life Insurance Corporation (LIC) tengah melakukan penawaran perdana umum (initial public offering/IPO). Pekan ini, pembelian saham sudah mulai dilakukan.

Mengutip dari BBC, Sabtu (7/5/2022) Departemen Investasi dan Manajemen Aset Publik India mengumumkan, tanggal pencatatan saham adalah 17 Mei 2022.

Sementara untuk penjualan saham, investor besar bisa membeli mulai dari 2 Mei. Sementara untuk investor umum dibuka pada 4 Mei dan akan ditutup pada 9 Mei.

Investor dapat membeli saham ekuitas pada kisaran harga yang ditetapkan mulai dari US$11,75 hingga US$ 12,36 per saham atau 902 hingga 949 rupee India. LIC akan menawarkan sekitar 22,13 juta lembar saham.

Dalam makalah yang diajukan oleh perusahaan dengan pengawas sekuritas India bagi pemegang polis perusahaan, karyawan hingga investor pop yang membeli saham LIC akan mendapatkan diskon hingga 60 rupee India.

LIC menjadi perusahaan yang penting di India. Perusahaan asuransi itu umurnya hampir semua India merdeka.

Dibentuk dengan menasionalisasi dan menggabungkan 245 perusahaan asuransi swasta, perusahaan mulai mengeluarkan kebijakan pada tahun 1956. Perusahaan itu juga memegang monopoli di sektor asuransi India.

Lebih dari dua dekade setelah kompetisi dengan swasta, LIC terus memegang posisi terbesar dengan pangsa pasar 66% pada 2021. Dengan nilai lebih dari US$ 500 miliar, basis asetnya lebih besar dari PDB beberapa negara. Hingga saat ini hampir 280 juta kebijakan yang berlaku.

LIC juga merupakan manajer aset terbesar di India, dengan investasi besar-besaran di sekuritas negara bagian dan pusat serta pasar saham.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT