ADVERTISEMENT

Resmi! 67% Saham Bank Maspion Dicaplok Bank Asal Thailand

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 30 Mei 2022 13:36 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksikan masih terus bergerak untuk kembali bangkit ke teritori positif. Pelaku bisnis brokerage pun optimis, perdagangan saham akan kembali bergairah ke arah positif.
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Para pemegang saham PT Bank Maspion Tbk (BMAS) secara resmi telah melepas kepemilikan sahamnya atas bank tersebut. Melalui sebuah kesepakatan, saham-saham ini nantinya akan dialihkan kepada perusahaan asal Thailand, Kasikorn Vision Financial Company Pte, Ltd (KVF).

Melansir dari CNBC Indonesia, kesepakatan tersebut dilakukan oleh para pihak yang bersangkutan hari ini, Senin (30/5/2022). Adapun total saham yang dilepas oleh para pemegang saham bank sebelumnya mencapai 67,5%.

Para pemegang saham yang melepas kepemilikannya tersebut, antara lain: PT Alim Investindo sebesar 8,17%, PT Husin Investasma sebesar 2,81%, PT Maspion Investindo sebesar 2,46% dan 5 pemegang saham individual sebesar 4,11%.

Selain itu, KVF juga akan membeli saham baru yang akan diterbitkan perseroan melalui Penambahan Modal melalu Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHTED). Dengan demikian KVF dan KBank akan memiliki 67,5% kepemilikan saham Bank Maspion.

Transaksi ini akan diselesaikan setelah adanya:
1. Persetujuan dari Bank of Thailan
2. Seluruh persyaratan dalam CSPA sudah terpenuhi
3. Persetujuan OJK atas uji kemampuan dan kepatutan (fit & proper test) sehubungan dengan KVF dan KBank
4. Persetujuan pemegang saham perseroan
5. Pernyataan efektif OJK Pasar Modal untuk PMHTED

Sebagai informasi, KVF sendiri merupakan perusahaan yang dimiliki oleh Kasikornbank Public Company Limited, yang saat ini sudah menjadi pemegang 9,9% saham Bank Maspion.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT