Dolar AS Tembus Rp 14.900, Harga Barang-barang Ini Berpotensi Meroket

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 21 Jun 2022 07:45 WIB
1.

Dolar AS Tembus Rp 14.900, Harga Barang-barang Ini Berpotensi Meroket

Dolar AS Tembus Rp 14.900, Harga Barang-barang Ini Berpotensi Meroket
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Mata uang Rupiah sedang keok ditekan Dolar Amerika Serikat (AS). Nilai tukar Dolar terhadap Rupiah sempat menyentuh level Rp 14.900.

Melemahnya nilai Rupiah dinilai dapat memberikan dampak instan di tengah masyarakat. Hal itu adalah meningkatnya tingkat inflasi.

Menurut Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menguatnya nilai tukar negeri Paman Sam dapat mempengaruhi ekonomi masyarakat Indonesia secara langsung. Dampaknya, inflasi mungkin akan terjadi dan menekan daya beli masyarakat.

Bhima menjelaskan penguatan dolar AS akan berpotensi mengerek kenaikan biaya produksi pada industri manufaktur, apalagi yang masih banyak menggunakan barang impor. Hasilnya, harga produk di tengah masyarakat akan meningkat.

"Pelemahan ini berdampak ke beberapa hal, pertama ada kenaikan biaya produksi industri manufaktur. Kenaikan biaya produksi ini, utamanya di manufaktur bergantung ke bahan baku impor akan diteruskan kepada konsumen akhir maka akan menciptakan tekanan inflasi lebih tinggi di dalam negeri," papar Bhima kepada detikcom, Senin (20/6/2022).

Lalu apa saja barang-barang yang berpotensi naik harganya di tengah penguatan Dolar AS?