ADVERTISEMENT

Cara Ikut RUPS Online buat Pemegang Saham, Tak Perlu Hadir ke Lokasi

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 05 Agu 2022 13:38 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) naik 16 poin menutup perdagangan terakhir sebelum libur panjang Lebaran. Transaksi dilantai bursa sudah mulai sepi karena investor sudah merasakan euforia libur panjang, Jumat (2/8/2013).
Cara Ikut RUPS Online/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Suka investasi saham tapi belum pernah ikut Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)? Nah, investor kini semakin dimudahkan untuk mengikuti RUPS secara online dari mana saja lewat platform EASY milik PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Kepala Divisi Penelitian dan Pengembangan Usaha KSEI, Dian Kurniasarie menjelaskan, platform yang sudah diluncurkan sejak tahun 2020 tersebut merupakan upaya KSEI untuk meningkatkan efisiensi penyelenggaraan RUPS emiten. Dengan EASY, diharapkan partisipasi investor untuk menghadiri RUPS akan meningkat, terutama pada masa pandemi COVID-19 dan kehadiran EASY menjadi bagian dari upaya perlindungan investor.

"Dengan fitur yang sudah dilengkapi oleh platform e-proxy, e-voting dan live streaming, EASY menjadi pilihan investor untuk mengikuti RUPS dengan lebih mudah, karena EASY bisa diakses dari mana saja," ujar Dian dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/8/2022).

Dian menambahkan bahwa investor diberikan kemudahan untuk mengikuti RUPS. Karena semua kegiatan RUPS dilakukan secara elektronik dan bagi investor yang tidak bisa hadir secara langsung, dapat memberikan kuasa kepada pihak lain yang semua prosesnya dilakukan melalui EASY.

Tambahan lagi, investor yang sudah melakukan konfirmasi kehadiran melalui EASY, tidak perlu hadir langsung pada saat pelaksanaan RUPS, karena kehadiran investor sudah tercatat dan hak suara sudah sah terhitung dalam RUPS.

"EASY juga menjadi solusi bagi investor yang berbeda domisili dengan lokasi pelaksanaan RUPS, apalagi untuk investor yang harus mengikuti beberapa RUPS di waktu yang berdekatan, namun di lokasi yang berbeda," kata Dian.

Lebih jauh lagi, Dian mengungkapkan, sampai dengan Juni 2022, dari 787 emiten saham di pasar modal, 768 di antaranya telah menggunakan fasilitas EASY. 768 emiten tersebut telah mengadakan 2.951 kegiatan RUPS (tahunan dan luar biasa) dengan tingkat kehadiran RUPS yang dikuasakan sebesar 64%. Sementara itu, sampai Juni 2022, 735 emiten telah menggunakan fitur e-voting sejak penerapan pada Juni 2021.

KSEI berkomitmen untuk terus mengembangkan dan meningkatkan layanan EASY demi memenuhi kebutuhan industri pasar modal di masa mendatang. Beberapa pengembangan yang sudah direncanakan antara lain memfasilitasi pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Obligasi dan Sukuk, Rapat Umum Pemegang Unit Penyertaan, dan Rapat Umum Pemegang Multiple Voting Share.

Dengan adanya pengembangan ini, EASY menjadi salah satu infrastruktur yang mendukung peningkatan efisiensi bagi para pelaku sekaligus memberikan kontribusi yang besar bagi pengembangan praktik tata kelola perusahaan yang baik di pasar modal Indonesia serta upaya perlindungan investor.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT