GoTo Cetak Transaksi Rp 161 T di Kuartal III, Masih Rugi Rp 6,8 T

ADVERTISEMENT

GoTo Cetak Transaksi Rp 161 T di Kuartal III, Masih Rugi Rp 6,8 T

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Senin, 21 Nov 2022 16:27 WIB
Logo GoTo
Foto: Shutterstock
Jakarta -

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mencatatkan total nilai transaksi (GTV) pada kuartal ketiga sebesar Rp 161 triliun atau tumbuh 33% dibandingkan tahun sebelumnya. Angka ini melampaui pedoman kinerja yang telah ditetapkan.

Sementara rugi bersih GOTO pada kuartal III tercatat sebesar Rp 6,8 triliun atau turun 10,8% dibandingkan dengan capaian kuartal II 2022 sebesar Rp 7,6 triliun.

Pada kuartal III, perusahaan menorehkan pendapatan bruto sebesar Rp 5,9 triliun atau tumbuh 30% dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara rugi EBITDA yang disesuaikan tercatat sebesar Rp 3,7 triliun atau turun 11% dibandingkan tahun sebelumnya, dan 10% lebih kecil dibanding kuartal sebelumnya.

Margin kontribusi Grup pada Q3 2022 lebih baik 43% dibanding tahun sebelumnya dan 41% lebih baik dari kuartal sebelumnya, juga di atas pedoman. Adapun layanan On-Demand menjadi sumber pendapatan bisnis terbesar dibandingkan fintech dan e-commerce.

Direktur Utama Grup GoTo Andre Soelistyo menjelaskan kinerja GoTo pada kuartal ketiga terbilang kuat di tengah situasi ekonomi yang sulit. Kinerja ini mempercepat langkah perusahaan menuju profitabilitas, seiring dengan pertumbuhan pendapatan dan berkurangnya rugi EBITDA yang disesuaikan.

"Margin kontribusi secara grup melampaui pedoman yang kami sampaikan kuartal sebelumnya, dengan margin kontribusi positif di segmen On-Demand Service tercapai pada bulan September, jauh lebih cepat dibandingkan dengan target." katanya dalam keterangan resmi, Senin (21/11/2022).

Sebagai contoh, perluasan layanan GoPay Coins secara langsung mendorong rasionalisasi beban promosi sekaligus memberikan apresiasi bagi konsumen yang terus menggunakan layanan GoTo.

"Perbaikan margin usaha sejalan dengan pertumbuhan pendapatan Perseroan, yang menunjukkan resiliensi bisnis kami dan kekuatan perekonomian Indonesia. Capaian kinerja keuangan dan operasional pada kuartal ini menegaskan bahwa Perseroan berada di jalur pertumbuhan yang tepat sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia." katanya.

Simak Video: GoTo PHK Massal 1.300 Karyawan, Ini Alasannya

[Gambas:Video 20detik]



(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT