Produsen Miras Cap Tikus Dapat Rp 176 M dari IPO, Mau Bikin Pabrik di Semarang

ADVERTISEMENT

Produsen Miras Cap Tikus Dapat Rp 176 M dari IPO, Mau Bikin Pabrik di Semarang

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 05 Jan 2023 11:25 WIB
Pengunjung berada di sekitar layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Kamis (13/2). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini pukul 12.00 menurun-0,67% ke posisi 5,873,30. Pergerakan IHSG ini masih dipengaruhi oleh sentimen atas ketakutan pasar akan penyebaran wabah virus corona.
Ilustrasi Pasar Modal (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Produsen minuman beralkohol Cap Tikus 1978, PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk (BEER) mengincar dana Rp 176 miliar dari penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO). Dalam aksi korporasi ini, perusahaan menawarkan 800 juta saham atau sebanyak 20% dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh setelah penawaran umum perdana.

Saham perusahaan rencananya akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (6/1) besok. Lalu, untuk apa dana tersebut?

Dikutip dari prospektus perusahaan, Kamis (5/1/2023), perusahaan mengalokasikan 5,36% atau sekitar Rp 9,25 miliar untuk belanja barang modal berupa tanah dari pihak ketiga dengan lokasi di Desa Jetis, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah seluas lebih kurang 2 ha. Tujuan pembelian tanah ini untuk membangun fasilitas produksi perseroan.

Kemudian, perusahaan mengalokasikan, 6,23% atau sekitar Rp 10,74 miliar untuk melakukan pembangunan fasilitas produksi, di antaranya bangunan pabrik, infrastruktur, gudang bahan baku dan gudang barang jadi di atas tanah yang akan dibeli tersebut. Biaya ini belum termasuk pembelian mesin produksi.

Selanjutnya, sisanya akan digunakan untuk modal kerja guna mendukung kegiatan usaha perseroan, termasuk namun tidak terbatas pada pembelian bahan baku.

"Dalam hal jumlah dana hasil penawaran umum perdana saham tidak mencukupi untuk memenuhi rencana tersebut di atas, maka perseroan akan menggunakan kas internal perseroan dan/atau menggunakan pendanaan eksternal yang diperoleh dari bank dan/atau lembaga keuangan dan/atau sumber lainnya

Lihat juga video 'Polisi Gerebek Gudang Miras Siap Edar di Rancaekek Bandung':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT