Yordania Luncurkan Uang Baru Bergambar Raja Abdullah II di Sebelah Masjid Al-Aqsa

ADVERTISEMENT

Yordania Luncurkan Uang Baru Bergambar Raja Abdullah II di Sebelah Masjid Al-Aqsa

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Senin, 09 Jan 2023 13:50 WIB
uang baru yordania
Foto: Istimewa/Central Bank of Jordan
Jakarta -

Bank Sentral Yordania meluncurkan uang kertas 50 dinar baru bergambar Raja Abdullah II, dengan latar belakang Masjid Al-Aqsa di Yerusalem. Uang tersebut beserta beberapa uang kertas lainnya akan diedarkan secara luas dalam beberapa bulan mendatang.

Dilansir dari The New Arab, Senin (09/01/2023), dalam sebuah pernyataan bank sentral mengatakan, uang kertas yang akan segera diedarkan antara lain 1, 5, 10, 20, dan 50 dinar Yordania (JOD). Namun ternyata uang kertas 1 dinar sudah mulai beredar sejak 26 Desember 2022 lalu.

Pada Sabtu pekan lalu, bank sentral juga menyampaikan, set uang edisi terbaru ini merupakan yang pertama sejak 20 tahun lamanya negara tidak menerbitkan uang. Uang ini mencakup fitur dan kualitas keamanan yang lebih baik.

Peredaran uang tersebut terjadi saat hubungan antara Yordania dan Israel sedang memanas akibat pemerintah sayap kanan baru mengancam untuk mengubah status quo di Masjid Al-Aqsa.

Diketahui, kondisi status quo selama puluhan tahun di situs tersuci ketiga bagi umat Islam itu hanya mengizinkan umat Islam untuk beribadah di komplek tersebut.

Yordania pun semakin menyuarakan keprihatinannya atas upaya Israel untuk mengubah situasi di Al-Aqsa hingga mengizinkan doa dan ritual Yahudi dilakukan di situs tersebut.

Sementara itu, Raja Abdullah sebelumnya juga telah memperingatkan Israel untuk tidak melewati 'garis merah', dengan menegaskan bahwa negaranya siap untuk berkonflik.

Pemukim ekstremis telah menyerbu kompleks Al-Aqsa beberapa kali sejak pemerintah baru Israel diumumkan akhir bulan lalu. Langkah ini juga termasuk dengan kunjungan yang dilakukan oleh Menteri Keamanan Nasional Israel, Itamar Ben-Gvir, awal pekan ini.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT