Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 10 Apr 2019 13:22 WIB

Daftar ke STAN? Ini Tes yang akan Dijalani

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Dokumentasi Humas Pemkot Bandung Foto: Dokumentasi Humas Pemkot Bandung
Jakarta - Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) jadi sekolah kedinasan yang paling banyak diincar para pelamar sejak pendaftaran sekolah kedinasan dibuka 9 April 2019 kemarin.

STAN yang berafiliasi dengan Kementerian Keuangan menjadi incaran favorit pelamar mengungguli Institut Pegawai Dalam Negeri (IPDN) hingga Politeknik Imigrasi (Poltekim). STAN sendiri membuka kuota penerimaan mahasiswa baru sebanyak 3.000 orang.

Mengutip laman resminya pknstan.ac.id, dalam menyeleksi pelamar yang mendaftar, STAN menerapkan tiga seleksi utama. Seleksi tersebut dimulai dengan ujian tertulis, lalu ujian psikotes, yang terakhir ujian kesehatan dan kebugaran.

Dalam ujian tertulis pelamar akan diberikan 3 tes, yang pertama tes kompetensi dasar, tes potensi akademik, dan tes Bahasa Inggris. Nantinya, spesialisasi program studi bagi pelamar akan ditentukan lewat ujian tertulis ini.

Usai ujian tertulis, pelamar yang semakin mengerucut jumlahnya akan melaksanakan ujian psikotes, dan dilanjutkan dengan uji kesehatan dan kebugaran sehari setelahnya. Setelah itu pelamar akan menunggu hasil akhir seleksi yang akan diumumkan pada 23 Agustus 2019.


Pada ujian kesehatan dan kebugaran sendiri pelamar akan melewati dua tes. Pertama, pelamar akan dicek fisiknya secara keseluruhan dari atas sampai bawah, mulai dari berat badan, tekanan darah, hingga pemeriksaan mata.

Usai tes tersebut pelamar akan diuji kebugaran fisiknya dengan tantangan lari mengelilingi lintasan dan shuttle run. Khusus program studi Kepabeanan dan Cukai, pelamar akan ditambah uji kebugarannya dengan beberapa tantangan pull up, sit up, dan push up.

Berikut ini jadwal pelaksanaan pendaftaran STAN,
1. 9-30 April 2019, pendaftaran online dan pembayaran biaya pendaftaran.
2. 27 Mei 2019, pengumuman jadwal dan lokasi ujian tertulis.
3. 3-13 Juli 2019, ujian tertulis.
4. 26 Juli 2019, pengumuman jadwal dan lokasi ujian psikotes.
5. 3-8 Agustus 2019, ujian psikotes.
6. 4-9 Agustus 2019, ujian kesehatan dan kebugaran.
7. 23 Agustus 2019, pengumuman kelulusan.
8. 28-30 Agustus 2019, pendaftaran ulang bagi yang diterima.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed