Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 04 Jul 2019 12:52 WIB

Intip Bocoran Tes CPNS 2019, Apa Saja?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) kembali dibuka Oktober 2019 dengan kuota 100.000. Calon pelamar sudah bisa ancang-ancang mempersiapkan diri dari sekarang agar lancar menghadapi tes.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan menjelaskan, pada dasarnya tes yang dilakukan pada seleksi CPNS tahun ini tak jauh berbeda dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu ada seleksi administrasi, tes kompetensi dasar (SKD), dan tes kompetensi bidang (SKB).

"Sama, jadi setelah seleksi administrasi, selesai, lolos kemudian SKD, setelah lolos lanjut SKB, setelah lolos dan lanjut pemberkasan selanjutnya," kata Ridwan kepada detikFinance, Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Namun untuk SKB ini lebih kompleks karena menyesuaikan dengan masing-masing formasi atau bidang jabatan yang dilamar. Tentu saja tiap-tiap formasi dan jabatan yang berbeda akan memunculkan tes yang berbeda pula.


"SKB bentuknya bisa macam-macam, kita harus tunggu keputusannya dulu mau gimana ini," sebutnya.

Ridwan juga menegaskan tes seleksi CPNS tahun ini tidak akan lebih sulit dibanding tes tahun-tahun sebelumnya. Namun akan ada penyesuaian mengikuti perkembangan zaman.

"Jadi untuk tahun ini Panselnas (Panitia Seleksi Nasional) juga siapkan soal-soal baru pasti. Jadi di-blend (campur) dengan soal yang lama," ujarnya.

Pihak Panselnas juga turut mendengarkan masukan dari masyarakat yang sudah mengikuti seleksi pada tahun sebelumnya. Itu akan jadi masukan dalam menyusun soal ujian CPNS tahun ini.

"Masukan dari masyarakat bahwa yang tahun lalu katakanlah terlihat jauh lebih sulit misalnya, itu juga jadi masukannya Panselnas," tambahnya.



Simak Video "261 Peserta SKD CPNS 2018 Somasi MenpanRB Gegara Belum Diangkat"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com