Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 08 Agu 2019 13:49 WIB

Sabar, Pembukaan Lowongan CPNS Masih Tunggu Usulan Formasi

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Ilustrasi/Foto: detikcom Ilustrasi/Foto: detikcom
Jakarta - Pemerintah bakal membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di 2019 ini. Rencananya, pembukaan lowongan itu dilakukan pada bulan Oktober.

Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur (SDMA) Kementerian PAN-RB Setiawan Wangsaatmadja mengatakan, saat ini Kementerian PAN-RB masih menunggu pengajuan formasi yang dibutuhkan, baik dari pemerintah daerah (Pemda) maupun kementerian.

"Jadi masih ada beberapa yang memang kami melihat terlambat dalam informasi dan seterusnya. Tapi di daerah tersebut masih kekurangan guru. Hal seperti ini yang terus kami klarifikasi, permasalahannya apa dan yang jelas kami punya niatan bagaimana untuk memenuhi kebutuhan guru dan tenaga kesehatan," kata Wangsa di Kementerian PAN-RB, Jakarta Selatan, Kamis (8/8/2019).


Selain usulan formasi, kata Wangsa, pihaknya juga masih melakukan verifikasi terhadap kebutuhan CPNS yang diajukan setiap instansi. Hal ini penting agar lowongan yang dibuka nanti bisa sesuai dengan kebutuhan.

"Kita harus klarifikasi jenis jabatan yang diusulkan. Jadi jenis jabatan yang diusulkan harus menjadi prioritas pemerintah. Jadi prioritas pemerintah ini masih masalah pendidikan, kesehatan, itu harus di-support," katanya.

"Dan tenaga teknis yang betul-betul sesuai dengan keahlian. Sekarang kita dengar, semua basis digital. Artinya kita harus melihat, apakah seluruh instansi pemerintah baik pusat maupun daerah sudah cukup tenaga untuk digital, untuk IT, untuk mendukung sistem digitalisasi kita. Yang seperti ini kan harus dilihat satu-satu.," sambung Wangsa.


Ia menargetkan agar semua usulan formasi itu bisa didapatkan bulan ini. Hal itu agar pembukaan seleksi CPNS tak mundur dari rencana yang ditentukan.

"Kemungkinan harusnya di dalam Agustus ini kita bisa menyelesaikan itu semua," ujarnya.

Simak Video "Jawaban Kemenpan RB soal Somasi 261 Peserta SKD Seleksi CPNS 2018"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed