Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 08 Agu 2019 14:04 WIB

14 Kementerian dan 77 Daerah Belum Ajukan Formasi CPNS

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Pradita Utama Ilustrasi/Foto: Pradita Utama
Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) masih menunggu usulan formasi calon pegawai negeri (CPNS) yang dibutuhkan setiap instansi. Bila usulan formasi itu belum diberikan, maka pembukaan lowongan CPNS 2019 bisa tertunda.

Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur (SDMA) Kementerian PAN-RB Setiawan Wangsaatmadja mengatakan, saat ini masih ada banyak kementerian dan pemerintah daerah (Pemda) yang belum mengajukan jumlah formasi CPNS. Dia bilang, jumlahnya mencapai puluhan.

"Kurang lebih ada 14 kementerian dan lembaga yang masih perlu klarifikasi. Kalau Pemdanya kurang lebih 77 yang perlu kita klarifikasi," kata Wangsa di Kementerian PAN-RB, Jakarta Selatan, Kamis (8/8/2019).


Untuk itu, Wangsa menargetkan supaya masalah pengajuan formasi itu bisa diselesaikan pada Agustus 2019. Setelah hal itu selesai, maka pihaknya akan menetapkan secara resmi jumlah formasi CPNS yang akan dibuka.

"Kemungkinan harusnya di dalam Agustus ini kita bisa menyelesaikan itu semua. Pengumumannya setelah kita selesai ini semua, kemudian formasi kita tetapkan, baru nanti pelaksanaan," katanya.


Lebih lanjut Wangsa mengatakan pihaknya akan menyelesaikan berbagai proses itu secepatnya agar pembukaan lowongan CPNS 2019 tak mundur dari jadwal yang direncanakan, yakni pada Oktober 2019.

"Diupayakan jangan (mundur). Karena dalam sistem SDM misalnya kita ada gap tidak mengisinya, yang jadi problem adalah dalam suksesi nanti," tuturnya.

Simak Video "Jawaban Kemenpan RB soal Somasi 261 Peserta SKD Seleksi CPNS 2018"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed