Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 23 Sep 2019 11:32 WIB

Lowongan CPNS Dibuka Oktober, 108 Lokasi Tes Mulai Disiapkan

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Pemerintah berencana membuka 100.000 lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada Oktober 2019. Saat ini, pemerintah sedang mempersiapkan lokasi tes CPNS di berbagai wilayah di Indonesia.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan pihaknya bekerja sama dengan berbagai instansi untuk menyiapkan lokasi tes CPNS diseluruh Indonesia. Dia bilang, ada 108 titik lokasi yang dipersiapkan untuk tes CPNS.

"BKN juga bekerja sama dengan sejumlah Instansi Pusat dan Daerah untuk mendukung fasilitasi pelaksanaan seleksi, misalnya mengenai titik lokasi di mana BKN sudah menyiapkan 108 titik di seluruh wilayah Indonesia melalui kerja sama dengan Instansi Pemerintah lainnya," kata Ridwan dalam keterangannya, Senin (23/9/2019).

Ridwan juga mengatakan, BKN sudah menyampaikan proyeksi jumlah pelamar CPNS dan P3K tahun ini jika dilaksanakan serentak akan mencapai 5,5 Juta. Untuk itu, berbagai infrastruktur pendukung mulai disiapkan dari sekarang.


Persiapan infrastruktur itu akan dibahas dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian pada 25 September 2019.

"Persiapan pelaksanaan rekrutmen ASN dari aspek infrastruktur kini tengah dimatangkan BKN selaku instansi penyelenggaraan seleksi CPNS secara nasional. Adapun persiapan infrastruktur di antaranya mencakup sistem pendaftaran daring terintegrasi melalui portal Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN) dan penyiapan fasilitas seleksi melalui Computer Assisted Test (CAT BKN)," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Syafruddin mengatakan, lowongan CPNS akan dibuka Oktober nanti. Tepatnya setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih. Pelantikan Presiden dan Wapres terpilih pada 20 Oktober 2019 nanti.

"Oktober nanti akhir Oktober, setelah pelantikan presiden, dibuka setelah tanggal 20," tutur mantan Wakapolri itu.



Lowongan CPNS Dibuka Oktober, 108 Lokasi Tes Mulai Disiapkan


Simak Video "Jawaban Kemenpan RB soal Somasi 261 Peserta SKD Seleksi CPNS 2018"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com