Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 27 Sep 2019 15:30 WIB

Sabar Ya, Detail Lowongan CPNS Tunggu Susunan Kementerian 2019-2024

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Pendaftar lowongan CPNS antre bikin SKCK/Foto: Grandyos Zafna Pendaftar lowongan CPNS antre bikin SKCK/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Pengumuman detail penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 baru bisa dipastikan setelah pergantian pemerintahan periode selanjutnya pada Oktober 2019 mendatang. Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan mengatakan, pihaknya perlu memastikan sejumlah hal sebelum pengumuman lowongan CPNS 2019 disampaikan ke masyarakat.

"Untuk CPNS 2019 kami masih ada beberapa tantangan yang harus diselesaikan," katanya kepada detikcom saat dihubungi, Jumat (27/9/2019).

Dia menjelaskan perlu menunggu terbentuknya pemerintahan baru untuk memastikan formasi penerimaan di masing-masing kementerian/lembaga (K/L). Pasalnya, ada wacana diubahnya nomenklatur beberapa kementerian pada pemerintahan yang baru nanti.


"Kemungkinan misalnya kementerian A digabung menjadi kementerian B. Atau kementerian C dipecah menjadi kementerian D dan E. Itu kan menyulitkan bagi kami Panselnas untuk menetapkan formasi. Jadi paling enak setelah kabinet yang baru terbentuk," kata Ridwan.

Tak cuma itu, pengumuman yang kemungkinan baru akan disampaikan pada minggu terakhir Oktober 2019 membuat pelaksanaan seleksi CPNS 2019 berlangsung dalam waktu yang mepet. Waktu pendaftaran CPNS hingga seleksi administrasi dan tes CAT CPNS tak akan cukup dilaksanakan tahun ini mengingat libur hari besar keagamaan.

"Di beberapa daerah di Timur itu kan teman-teman Kristiani lebih lama merayakan Natal. Jadi di akhir Desember kalau kita paksakan, itu mereka nggak akan ada yang bekerja karena lagi libur," jelas Ridwan.

Selain itu, Ridwan menambahkan anggaran penerimaan dan gaji CPNS 2019 di sebagian besar pemerintah daerah sudah dialihkan ke hal-hal prioritas untuk tahun ini, sehingga dikhawatirkan untuk alokasi biaya pembukaan CPNS sedikit.


"Lalu, ada lebih dari 600 K/L dan daerah yang kami harus training dulu dalam entry SSCASN yang baru. Kan fiturnya ada beberapa yang berubah. Misalnya, BKN tidak ingin ada salah-salah dalam seleksi administrasi seperti kejadian di Bandung Barat. Yang harusnya tidak lolos administrasi malah lolos," ungkapnya.

"Itu yang menyebabkan sampai sekarang pemerintah belum mengumumkan penerimaan CPNS 2019 secara detail. Mungkin baru bisa di minggu keempat Oktober," jelas Ridwan.

Simak Video "Awasi Seleksi CPNS, Komisi II DPR Akan Bentuk Panja ASN"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com