Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 27 Sep 2019 16:15 WIB

Tes CPNS 2019 Diperkirakan Mundur ke Januari 2020

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Tes CPNS/Foto: Grandyos Zafna Tes CPNS/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Pelaksanaan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 diperkirakan mundur ke 2020. Apa alasannya?

"Pada pertengahan Desember biasanya anggaran sudah harus dipertanggungjawabkan. Kalau akhir Oktober diumumkan, kemudian November baru mulai pendaftaran, maka tidak mungkin (tes) akan dilaksanakan di akhir Desember," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan kepada detikcom, Jumat (27/9/2019).

"Akhirnya ini menyebabkan kemungkinan kita akan bergeser tesnya, tapi proses pendaftaran dan penyampaian informasinya di tahun ini," tambahnya.

Selain itu, perlu menunggu terbentuknya pemerintahan baru untuk memastikan formasi penerimaan di masing-masing kementerian/lembaga (K/L). Pasalnya, ada wacana diubahnya nomenklatur beberapa kementerian pada pemerintahan yang baru nanti.


"Kemungkinan misalnya kementerian A digabung menjadi kementerian B atau kementerian C dipecah menjadi kementerian D dan E. Itu kan menyulitkan bagi kami panselnas (panitia seleksi nasional) untuk menetapkan formasi. Jadi paling enak setelah kabinet yang baru terbentuk," kata Ridwan.

Tak cuma itu, waktu pendaftaran CPNS hingga seleksi administrasi dan tes CAT CPNS tak akan cukup dilaksanakan tahun ini mengingat adanya hari besar keagamaan pada Desember.

"Ini juga kita harus sampaikan ke Kementerian Keuangan, bisa nggak ini (diperpanjang ke 2020). Akuntabilitasnya kan harus dijaga nih. Penggunaan anggarannya bisa nggak lewat tahun. Kemungkinan Senin masih ada rapat panselnas terkait itu," ujarnya.



Simak Video "Jawaban Kemenpan RB soal Somasi 261 Peserta SKD Seleksi CPNS 2018"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com