Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 27 Sep 2019 17:38 WIB

Ingat! Persaingan Jadi CPNS di 4 Institusi Bakal Ketat

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Tes CPNS/Foto: Dokumentasi Humas Pemkot Bandung Tes CPNS/Foto: Dokumentasi Humas Pemkot Bandung
Jakarta - Penerimaan lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 rencananya dibuka akhir Oktober mendatang. Bakal ada 197.111 lowongan yang dibuka, terdiri dari 37.854 lowongan untuk pusat dan 159.257 untuk daerah.

Meski formasi penerimaan untuk Kementerian/Lembaga (K/L) belum diumumkan, namun ada baiknya berpikir lagi jika mau mendaftar CPNS pada kementerian yang banyak diminati. Hal ini tentunya demi meminimalisir risiko tersingkir dari seleksi CPNS lantaran banyaknya saingan.

Lalu, instansi mana yang persaingannya sangat ketat? Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan mengatakan, setidaknya ada beberapa instansi yang persaingannya ketat berdasarkan statistik penerimaan CPNS 2018.


"Dari statistik yang saya lihat, yang paling sulit itu Kementerian Keuangan, BPK, BPKP, Kementerian PUPR. Jadi jumlah formasinya dibanding jumlah pelamar itu paling ketat," katanya kepada detikcom, Jumat (27/9/2019).

Namun demikian, dia bilang hal ini belum tentu kejadian lagi untuk CPNS 2019. Pasalnya, instansi yang paling banyak diminati pada CPNS 2018 tak sama dengan CPNS 2017.

"Tahun 2017 ke 2018 itu ada yang bergeser. Ada yang dulu sangat diminati, sekarang nggak," ungkapnya.

Adapun jenis formasi CPNS 2019 yang akan dibuka untuk instansi pusat pada Oktober tahun ini antara lain umum dan khusus dan rincian cum laude, diaspora, putra/putri Papua dan Papua Barat, disabilitas.


Sedangkan untuk instansi daerah, jenis formasi CPNS yang dibuka pada Oktober tahun ini antara lain cum laude, diaspora, putra/putri Papua dan Papua Barat, disabilitas, serta keamanan siber.

Lowongan CPNS 2019 rencananya akan dibuka pada akhir Oktober mendatang. Sementara untuk tes seleksinya sendiri, kemungkinan baru berlangsung pada awal tahun depan.

Simak Video "Jawaban Kemenpan RB soal Somasi 261 Peserta SKD Seleksi CPNS 2018"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com