Info Terbaru CPNS 2019: Waktu Pendaftaran hingga Kisi-kisi Soal

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Sabtu, 28 Sep 2019 10:00 WIB
Info Terbaru CPNS 2019: Waktu Pendaftaran hingga Kisi-kisi Soal
Foto: Pradita Utama

Pelaksanaan tes CPNS 2019 sendiri kemungkinan mundur ke awal tahun 2020. Ada beberapa hal yang membuat tes seleksi CPNS bisa mundur ke tahun depan.

"Pada pertengahan Desember biasanya anggaran sudah harus dipertanggungjawabkan. Kalau akhir Oktober diumumkan, kemudian November baru mulai pendaftaran, maka tidak mungkin (tes) akan dilaksanakan di akhir Desember," kata Ridwan.

"Akhirnya ini menyebabkan kemungkinan kita akan bergeser tesnya, tapi proses pendaftaran dan penyampaian informasinya di tahun ini," tambahnya.

Pengumuman detil mengenai informasi penerimaan CPNS 2019 baru bisa dipastikan setelah pergantian pemerintahan periode selanjutnya pada Oktober 2019 mendatang.

Waktu pengumuman yang kemungkinan baru akan dilakukan pada minggu terakhir Oktober 2019 membuat pelaksanaan seleksi CPNS 2019 akan berlangsung dalam waktu yang sempit. Waktu pendaftaran CPNS hingga seleksi administrasi dan tes CAT CPNS dirasa tak cukup dilaksanakan tahun ini mengingat adanya hari besar keagamaan di penghujung tahun.

"Ini juga kita harus sampaikan ke Kementerian Keuangan, bisa nggak ini (diperpanjang ke 2020). Akuntabilitasnya kan harus dijaga nih. Penggunaan anggarannya bisa nggak lewat tahun. Kemungkinan Senin masih ada rapat panselnas terkait itu," ungkap Ridwan.