Info Terbaru CPNS 2019: Waktu Pendaftaran hingga Kisi-kisi Soal

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Sabtu, 28 Sep 2019 10:00 WIB
Info Terbaru CPNS 2019: Waktu Pendaftaran hingga Kisi-kisi Soal
Foto: Grandyos Zafna

Ridwan mengatakan seleksi CPNS 2019 masih akan menggunakan sistem Computer Assisted Tes. Namun, dia bilang soalnya akan dibuat lebih 'membumi' alias lebih dapat dipahami, berbeda dengan tahun sebelumnya.

"Harapannya, kan ada fungsi PNS sebagai perekat NKRI dan netralitas. Tapi di sisi lain, ada juga masukan-masukan lain dari publik, soalnya tidak membumi dan sebagainya," kata Ridwan kepada detikcom, saat dihubungi Jumat (27/9/2019).

"Jadi antara keinginan kami mencari bibit-bibit unggul yang bisa menuju era 4.0, tidak gampang termakan isu hoax dan sebagainya, di sisi lain kita juga harus terima masukan dari publik tentang betapa sulitnya soal-soal tersebut," jelasnya.

Seperti diketahui pada pelaksanaan CPNS 2018 lalu menimbulkan polemik di masyarakat karena dianggap sulit, utamanya pada bagian Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Bahkan presentasi kelulusan peserta yang mencapai passing grade dinilai sangat kecil, sehingga BKN melakukan pemeringkatan untuk memenuhi kebutuhan kuota formasi.

Panselnas sendiri saat ini masih menggodok feedback dari masyarakat tentang soal-soal Seleksi Kompetensi Dasar untuk CPNS 2019. Meski demikian, penyusunan soal-soal tes CPNS nanti masih akan menggunakan standar HOTS (High Order Thinking Skill/keterampilan berpikir tatanan tinggi).



(eds/fdl)