Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 19 Okt 2019 11:55 WIB

Mau Daftar CPNS? Mulai Nyicil Siapkan Sederet Berkas Ini

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: CPNS (Tim Infografis: Zaki Alfarabi) Foto: CPNS (Tim Infografis: Zaki Alfarabi)
Jakarta - Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) segera dibuka akhir Oktober ini. Bagi yang mau mendaftar sudah bisa menyiapkan beberapa berkas dari sekarang.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan menyatakan rencananya tanggal 25 Oktober pendaftaran seleksi CPNS akan dibuka. Intinya, Ridwan mengatakan pengumuman resmi dilakukan setelah ada penetapan Menteri PAN-RB yang baru.

"Nanti menunggu pengumuman resmi oleh MenPAN-RB di kabinet baru. Pak MenPAN-RB yang sekarang, Pak Syafruddin bilang sih 25 Oktober rencana pengumumannya," kata Ridwan kepada detikcom, Sabtu (19/10/2019).

Ridwan menyatakan untuk ancang-ancang, para peserta seleksi CPNS bisa mencicil menyiapkan beberapa syarat dasar. Mulai dari foto pribadi sampai hasil scan transkrip nilai terakhir.


"Untuk sementara, yang penting disiapkan foto diri dengan latar belakang merah, scan KTP serta Kartu Keluarga, lalu hasil scan ijazah terakhir, dan transkrip nilai terakhir. Sementara siapkan itu aja dulu," kata Ridwan.

"Nah persyaratan lain nanti nunggu instansi, karena mereka berhak untuk menentukan persyaratan lain sesuai instansinya," lanjutnya.

Ridwan menambahkan instansi-instansi pemerintah masih sedang menentukan formasi-formasi mana yang akan dibuka. Minggu depan formasi yang ditentukan akan di-entry alias dilaporkan ke BKN untuk disiapkan pada pengumuman resmi.

"Setelah pengumuman resmi, itu ada 15 hari kalender untuk mengumumkan di web BKN dan instansi masing-masing. Sekalian situs web SSCN untuk pendaftaran itu sudah bisa dibuka, bisa cari informasi di situ yang mau daftar," lanjut Ridwan.



Mau Daftar CPNS? Mulai Nyicil Siapkan Sederet Berkas Ini


Simak Video "Awasi Seleksi CPNS, Komisi II DPR Akan Bentuk Panja ASN"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com