Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 19 Okt 2019 12:43 WIB

Baca di Sini! Kisi-kisi Soal Ujian CPNS 2019

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Suana tes CPNS/Foto: dok. Humas PBSI Suana tes CPNS/Foto: dok. Humas PBSI
Jakarta - Pendaftaran CPNS akan dibuka mulai akhir Oktober 2019. Usai mendaftar pelamar akan melalui ujian seleksi CPNS.

Dalam tes ini, pelamar akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Nah, apa saja ya kisi-kisinya?

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan menyatakan bahwa tes SKD CPNS 2019 tidak akan jauh berbeda seperti di tahun sebelumnya.

Dia menyatakan 80% kemungkinan tes akan sama modelnya. Mulai dari Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).


"Materinya nggak beda ya seperti TIU, TWK, TKP itu kisi-kisinya ada pas pengumuman Pak MenPAN-RB nanti. Kira-kira sih 80% nggak akan beda ya sama saja," terang Ridwan kepada detikcom, Sabtu (19/10/2019).

Selain itu, menurut Ridwan, akan ada soal tentang pencegahan radikalisme akan muncul dalam tes tahun ini. Soal ini tidak muncul dalam tes tahun lalu.

"Mungkin nanti soal radikalisme masuk di sana, tahun lalu kan belum ada. Karena ini perlu, karena kan beberapa teman kami PNS ada yang terpapar radikalisme, mungkin itu bisa masuk," kata Ridwan.

Dia juga mengingatkan bahwa tes TKP sempat bikin pusing para peserta seleksi CPNS di 2018. Oleh sebab itu Pendaftar diminta betul-betul mempersiapkan diri untuk soal tersebut.


"Mungkin juga harus diperhatikan, pada tahun 2018 itu TKP soal karakteristik pribadi banyak yang bermasalah. Mungkin itu yang mesti dipersiapkan sebaik-baiknya, dua tes ini sangat tricky," kata Ridwan.

Sebagai informasi, Tes Intelegensia Umum (TIU) diujikan untuk mengukur seberapa cakap CPNS dalam logika, verbal, figural dan analisis, memecahkan masalah dengan inovasi baru.

Kemudian, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dalam SKD akan menguji pemahaman akan Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, nasionalisme, hingga bahasa Indonesia.

Selanjutnya, Tes Karakteristik Pribadi (TKP) berisi tentang sosial budaya, pelayanan publik, kreativitas dan inovasi, profesionalisme, jejaring kerja.



Simak Video "Berkaca dari Tahun Lalu, Ombudsman Beri Catatan soal Persiapan CPNS"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com