Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 19 Okt 2019 14:15 WIB

Nggak Cermat Garap Tes Ini Bisa Gagal Seleksi CPNS

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Suasana tes CPNS/Foto: dok. Kemenpora Suasana tes CPNS/Foto: dok. Kemenpora
Jakarta - Banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Tentu dari sekian banyak peserta yang melamar tidak akan lolos semua.

Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, dari banyaknya tes yang diujikan ada beberapa tes yang dianggap sebagai momok lantaran banyak yang gagal. Tes tersebut adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Menurut Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan para pendaftar harus memberi perhatian lebih soal tes yang satu ini.

"Mungkin juga harus diperhatikan, pada tahun 2018 itu TKP soal karakteristik pribadi banyak yang bermasalah. Mungkin itu yang mesti dipersiapkan sebaik-baiknya, tes ini sangat tricky," kata Ridwan kepada detikcom, Sabtu (19/10/2019).


Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sendiri menguji kepekaan sosial budaya, pelayanan publik, kreativitas dan inovasi, profesionalisme, hingga jejaring kerja si calon PNS. Menurut Ridwan, tes ini isi soalnya banyak yang menjebak, bahkan tidak ada kata salah di tiap soal.

"Ini tuh rentang nilai 1-5 nggak ada nilai salah, benar, lebih benar, dan paling benar, kayak tes psikologi," kata Ridwan.

Ridwan mengatakan dalam mengerjakan tes ini, si pendaftar harus berpikir layaknya sudah menjadi PNS. "Prinsipnya adalah saat ngerjain itu kita harus punya mindset kita udah jadi PNS," ujarnya.

Selain itu, soal tes TKP bentuknya HOTS (High order thinking skill) yang membuat si pendaftar harus bisa memaknai lebih dalam maksud dari soal, bukan cuma membaca soalnya saja.

"Soalnya bentuknya High Order Thinking Skill, jadi kalau cuma baca nggak bisa memaknai ya cuma dapat nilai 1,2,3 kalau dapat 5 kan nilainya bisa lebih bagus," ucap Ridwan.



Simak Video "Awasi Seleksi CPNS, Komisi II DPR Akan Bentuk Panja ASN"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com