ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 19 Okt 2019 17:15 WIB

Mau Cari Tempat Bimbel CPNS? Simak Tipsnya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Hendra Kusuma Foto: Hendra Kusuma
Jakarta - Ikut bimbingan belajar alias bimbel menjadi salah satu cara untuk mempersiapkan diri mengikuti seleksi tes CPNS. Beragam fasilitas bimbel bisa membantu pelamar untuk siap menghadapi tes CPNS.

Namun, dalam memilih bimbel pun harus hati-hati, bimbel CPNS pun banyak yang kualitasnya buruk, bahkan melakukan penipuan. Lantas bagaimana cara memilihnya?

Chief Financial Officer Bimbel Akses CPNS, Yustamar K. Hatmanto mengatakan yang paling pertama harus diperhatikan adalah bimbel tidak pernah memberi jaminan dalam bentuk apapun untuk kelulusan pelamar dalam seleksi CPNS. Menurutnya, apabila ada yang memberi jaminan, kemungkinan itu penipuan.

"Namanya bimbel itu tidak ada jaminan, jaminan lulus itu nggak ada aturannya, apalagi pada bimbingan belajar, itu jelas penipuan. Bimbel itu tidak pernah menjaminkan 'anda masuk sini anda pasti lolos'," kata Yustamar kepada detikcom, Sabtu (19/10/2019).



Selanjutnya, harus diperhatikan juga pengajarnya kompeten atau tidak. Bimbel yang berkualitas menurut Yustamar adalah yang pengajarnya merupakan orang yang berpengalaman lulus tes seleksi CPNS.

"Sisi pengajarnya juga harus dilihat, kayak di kita pengajarnya kebanyakan yang sudah pernah lolos tes CPNS, jadi pengajarnya juga harus berpengalaman," kata Yustamar.

Tidak lupa, fasilitas yang diberikan juga harus jelas dan lengkap. Simulasi lengkap dengan metode teranyar pun harus didapatkan dari layanan bimbel.

"Kemudian fasilitasnya, bagus atau tidak, lengkap atau tidak. Ada simulasi CAT-nya nggak, soalnya pakai metode terbaru nggak yang diajarkan," jelas Yustamar.



Simak Video "Awasi Seleksi CPNS, Komisi II DPR Akan Bentuk Panja ASN"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com