Catat! Pendaftaran CPNS Diumumkan Bulan Ini

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 28 Okt 2019 11:15 WIB
Foto: detikcom
Jakarta - Pengumuman pendaftaran seleksi CPNS diundur. Sedianya pengumuman dibuka 25 Oktober lalu, namun hingga kini belum ada informasi terkait hal tersebut.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan mengatakan pengumuman pendaftaran masih menunggu arahan Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo. Namun berdasarkan informasi yang diterimanya, pengumuman pendaftaran dibuka bulan ini.

"Kalau Pak Setiawan Wangsaatmaja (Deputi SDMA KemenPAN-RB) sampaikan, mereka masih positif bisa di minggu-minggu akhir Oktober. Bisa kok mudah-mudahan saja," ungkap Ridwan kepada detikcom, Senin (28/10/2019).

"Kan Pak MenPAN-RB yang baru juga orang birokrasi ya, paham lah dia pasti maunya cepat," lanjutnya.


Namun, Deputi SDMA KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja belum merespons detikcom saat dimintai konfirmasi mengenai kapan tepatnya pembukaan pendaftaran CPNS.

Sebelumnya, saat serah terima jabatan menteri baru di Kantor KemenPAN/RB, Mantan MenPAN-RB Syafruddin menegaskan seleksi CPNS akan tetap dibuka pada bulan ini meskipun ada pergantian kepemimpinan pada KemenPAN/RB.

"Rekrutmen CPNS akan tetap dimulai bulan ini. Itu sudah on process," kata Syafruddin, Rabu (23/10/2019).


Sebagai informasi, penetapan formasi dan pengumuman pendaftaran CPNS 2019 rencananya dilakukan bulan ini. Pada November, pengumuman pendaftaran masih berlangsung diikuti pembukaan pendaftaran. Bulan depannya baru diumumkan hasil seleksi administrasi.

Pada Januari 2020, ada masa sanggah dan pengumuman jadwal seleksi kompetensi dasar (SKD) bagi mereka yang lolos seleksi administrasi. Kemudian pada Februari dilakukan SKD.

Selanjutnya, Maret diumumkan hasil SKD dan pelaksanaan SKB. Pada April dilakukan integrasi SKD dan SKB.

Simak Video "Ombudsman Buka Posko Pengaduan Seleksi CPNS, Sila Adukan Keberatan"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)