Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 01 Nov 2019 20:02 WIB

9 Sekolah Ikatan Dinas, Lulus Bisa Langsung Kerja

Puti Yasmin - detikFinance
9 Sekolah Ikatan Dinas, Lulus Bisa Langsung Kerja/Foto: Wisma Putra 9 Sekolah Ikatan Dinas, Lulus Bisa Langsung Kerja/Foto: Wisma Putra
Jakarta - Pemerintah menyediakan sekolah ikatan dinas yang memungkinkan siswanya bisa langsung bekerja di instansi atau lembaga milik pemerintah. Nah, apa saja daftar sekolah tersebut?

Selain menempuh pendidikan, siswa juga diberikan beberapa fasilitas, misalnya uang saku, hingga tempat tinggal asrama. Hanya saja, untuk dapat masuk calon siswa harus memenuhi persyaratan sehingga bisa daftar dan lulus tes.


Berikut sekolah ikatan dinas yang dirangkum detikcom:

1. STAN

Sekolah ikatan dinas yang pertama adalah Politeknik Keuangan Negara STAN. Sekolah ini berada di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan.

2. STIN

Sekolah yang dinaungi oleh Badan Intelijen Negara ini terletak di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Saat bersekolah di sini, siswa akan belajar mengenai ilmu intelijen.

3. STIS

Bila menyukai ilmu statistik dan ilmu matematika, kamu bisa mendaftar di STIS. Sekolah ikatan dinas ini dikelola oleh Badan Pusat Statistik.

4. STSN

Sekolah ikatan dinas yang berkaitan dengan keamanan data dan internet adalah STSN. Sekolah ini dinaungi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

5. STPI

Bidang penerbangan juga ada di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia. Ada empat jurusan di sekolah ikatan dinas ini, yakni Penerbangan, Teknik Penerbangan, Keselamatan Penerbangan, dan Manajemen Penerbangan.



6. IPDN

Bagi siswa yang ingin terjun dalam persoalan dalam negeri bisa mencoba sekolah ikatan dinas IPDN. Sekolah ini terletak di Sumedang, Jawa Barat

7. AKPOL

Untuk menjadi polisi juga ada sekolah ikatan dinasnya lho. Di sini, siswa akan menempuh pendidikan selama 4 tahun dan lulus dengan gelar Ipda (Inspektur Polisi Dua) dan gelar STK (Sarjana Terapan Kepolisian).

8. STTD

Kementerian Perhubungan juga membawahi sekolah ikatan dinas STTD. Awalnya sekolah ini bernama Akademi Lalu Lintas namun sejak tahun 2000 berubah menjadi STTD.

9. AKMIL

Sekolah ikatan dinas yang lain adalah akademi militer yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Lulus dari sini, siswa akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Pertahanan.




Simak Video "Miris! Atap SDN di Ponorogo Ini Ditopang Bambu agar Tak Ambruk"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com