Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 11 Nov 2019 08:08 WIB

Sebelum Daftar CPNS, Baca Ini Dulu

Trio Hamdani - detikFinance
Halaman 1 dari 2
Foto: Luthfy Syahban/Tim Infografis Foto: Luthfy Syahban/Tim Infografis
Jakarta - Pendaftaran lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) mulai dibuka hari ini, Senin 11 November 2019. Ada 68 Kementerian/Lembaga (K/L) dan 462 Pemerintah Daerah/Kota yang membuka penerimaan CPNS tahun ini.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana kemarin menyatakan proses validasi oleh K/L maupun pemerintah daerah diselesaikan malam kemarin, Minggu 10 November, sehingga hari ini bisa diumumkan.

Nah, detikcom merangkum informasi penting yang perlu diketahui calon pelamar. Apa saja itu?

Tidak Dibuka Serentak

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan tidak semua kementerian membuka pendaftaran secara bersamaan. Misalnya Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang akan melaksanakannya pada 13 November.

"Kemenkeu rencananya meminta diumumkan tanggal 13 November karena akan dipresentasikan ke pimpinan dahulu," kata dia kepada wartawan di Jakarta, Minggu (10/11/2019).

Berikutnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang kembali digabung dengan Pendidikan Dikti (Dikti) ikut mempengaruhi proses dibukanya pendaftaran. Pasalnya, saat penyusunan formasi belum berlaku perubahan nomenklatur tersebut.

Siapkan Dokumen Ini

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan menjelaskan, dokumen yang perlu disiapkan yakni akta kelahiran, KTP, ijazah dan transkrip nilai, kartu keluarga (KK), termasuk pass foto ukuran 4x6 dan swafoto.

"Itu sebaiknya di-scan saja dulu dengan maksimal kapasitasnya 200 KB," kata Ridwan kepada detikcom beberapa waktu lalu, ditulis Minggu (10/11/2019).

Scan KTP diperlukan untuk memastikan data kependudukan, pass foto dan swafoto untuk menyesuaikan pelamar dengan data KTP, dan scan ijazah serta transkrip untuk memastikan jurusan pelamar sesuai dengan formasi yang dituju.

Lanjut ke halaman berikutnya >>> (toy/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com