Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 12 Nov 2019 11:55 WIB

Situs Pendaftaran CPNS Sempat Eror, BKN: Ada Lonjakan Tak Wajar

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Semalam calon pelamar mengeluhkan sulitnya mengakses portal online SSCASN untuk melakukan pendaftaran online calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Menurut pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebenarnya tidak ada masalah pada sistem.

Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Paryono memperkirakan terjadi kendala lantaran terjadi lonjakan pengakses yang tidak wajar.

"Tadi menurut kabar ada lonjakan yang tidak wajar," kata dia saat dihubungi detikcom, Jakarta, Selasa (12/11/2019).


Pihaknya yang bekerja sama dengan Telkom pun berjaga-jaga untuk mengantisipasi tingginya kunjungan di portal online SSCASN.

"Jadi memang di grup kami kayaknya tidak ada masalah, cuma memang load-nya memang besar tinggi ya, traffic-nya tinggi. Di sini teman-teman Telkom juga stand by," jelasnya.

Berdasarkan pantauan pihaknya pagi tadi, portal online tidak mengalami kendala apa-apa. Untuk malam hari, dia memperkirakan memang lonjakan traffic sangat mungkin terjadi.

"Saya pagi ini mencoba sepertinya juga masih dalam tahap yang wajar ya, masih bisa masuk gitu. Ya justru kalau malam itu kayaknya orang semuanya pikirannya sama, kalau malam pikirannya sepi ternyata malah malam itu banyak," ujarnya.


Pihaknya pun akan mencoba memetakan traffic tiap-tiap jam sehingga akan diketahui pada pukul berapa saja yang banyak mengakses portal online, begitu pula sebaliknya. Nantinya BKN menginformasikan ke peserta agar bisa mengatur waktu kunjungan ke portal online.

"Iya harus atur waktu. Mungkin nanti saya mau koordinasi dengan di bagian sistem informasi, peak season itu jam berapa sih, orang pada ramai-ramai daftar jam berapa, mungkin nanti bisa kelihatan polanya. Nanti bisa kita informasikan ke pelamar," tambahnya.

Simak Video "Awasi Seleksi CPNS, Komisi II DPR Akan Bentuk Panja ASN"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com