Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 04 Des 2019 14:39 WIB

Mau Ikut Masa Sanggah Hasil Seleksi Administrasi CPNS? Ini Caranya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Tim Infografis Foto: Tim Infografis
Jakarta - Pelamar CPNS 2019 tak lolos seleksi administrasi masih bisa menyanggah atau mengajukan keberatan terhadap hasil tersebut. Masa sanggah dimulai 16 sampai 19 Desember 2019.

Bagimana caranya untuk bisa mengikuti masa sanggah?Plh Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menjelaskan sanggahan bisa dilakukan lewat kolom yang tersedia di portal SSCASN.

Nantinya, pelamar hanya cukup menjelaskan dan menceritakan sanggahannya dan menunggu jawaban dari instansi yang dilamar.

"Mekanismenya, jika nanti pelamar dianggap TMS (tidak memenuhi syarat), maka dapat mengajukan sanggahan dengan login ke SSCASN dan menjelaskan hal tersebut dalam kolom yang tersedia. Kemudian instansi memutuskan apakah sanggahan si pelamar dapat diterima atau tidak," jelas Ridwan kepada detikcom, Rabu (4/12/2019).


Masa sanggah sendiri diberikan selama tiga hari pasca pengumuman seleksi administrasi, tepatnya pada 16-19 Desember 2019. Nantinya, jawaban sanggahan diumumkan sekitar tanggal 26 Desember 2019.

Ridwan mengingatkan bahwa fasiitas ini tidak bisa digunakan untuk menyanggah kesalahan input ataupun kurangnya dokumen persyaratan saat pendaftaran.

"Yang jelas, masa sanggah tidak dimaksudkan untuk unggah ulang dokumen atau perbaikan data. Tidak bisa menambahkan dokumen atau memperbaiki salah input," ucap Ridwan.

Dia mencontohkan yang bisa disanggah adalah apabila ada kesalahan teknis pada sistem website SSCASN. Dia mencontohkan misalnya ada nilai IPK yang terbaca tidak sesuai oleh sistem dan membuat pelamar dinyatakan tidak memenuhi syarat padahal harusnya memenuhi syarat.

"Misalnya, IPK minimum yang diminta instansi 2,75. Pelamar mengunggah IPK 2,80 namun terbaca menjadi 2,60 oleh admin instansi. Maka pelamar bisa menyanggah dengan menjelaskan bahwa IPK-nya adalah 2,80 which is di atas IPK yang disyaratkan," papar Ridwan.



Simak Video "Awasi Seleksi CPNS, Komisi II DPR Akan Bentuk Panja ASN"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com