Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 14 Jan 2020 14:57 WIB

Soal Lowongan CPNS, Tjahjo Kumolo: Tak Ada Tenaga Administrasi

Jefrie Nandy Satria - detikFinance
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo (Foto: Wilda/detikcom) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo (Foto: Wilda/detikcom)
Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengaku lembaga yang dia pimpin telah menerima soal CPNS tahun 2020 yang penyusunannya dikoordinir oleh Kemendikbud. Tjahjo menilai, para pendaftar CPNS tahun ini begitu antusias.

"Saya sudah menerima soal kemarin dari pada pak Mendikbud untuk CPNS tepat waktu. Memang cukup antusias ya," kata Tjahjo Kumolo di kantor Wapres, Jalan Veteran III, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (14/1/2020).

Tjahjo pun menyebutkan jumlah pelamar CPNS tahun ini. Sempat meminta maaf, dia menyebut pemerintah akan menerima 150.000 posisi ASN.

"Dari 4.600.000 pelamar, yang lolos administrasi 3.800.000 nanti akan segera mengikuti tes, yang mana mohon maaf, pemerintah baru bisa menerima 150.000 dari pendaftar yang 4 juta ini," sambungnya.


Dia mengatakan pemerintah lebih mencari figur-figur yang memiliki keahlian yang spesifik. Ahli IT hingga penyuluh pertanian, menurut Tjahjo, menjadi kriteria yang dicari pemerintah.

"Saya kira ini kami menyesuaikan karena kami sepakat tidak menambah tenaga administrasi tetapi menambah tenaga-tenaga yang dibutuhkan, yang ahli IT, kemungkinan ada dokter, guru, penyuluh-penyuluh pertanian, yang akan diangkat," ucap Tjahjo.

Tjahjo mengaku tidak mengetahui seberapa sulit soal CPNS tahun ini. Namun, menurutnya, soal tersebut telah disusun secara komprehensif.

"Saya ngak tahu ya. Karena soal itu yang nyusun satu tim beberapa perguruan tinggi, kemudian melibatkan juga BNPB juga mengenai wawasan kebangsaan dan lain sebagainya yang melalui mendikbud. Jadi kami nggak tahu soalnya. Tapi sudah dibuat sedemikian komprehensif. Mudah-mudahan 3.800.000 yang akan ikut tes ini bisa," tuturnya.


Sebelumnya, Menpan RB Tjahjo Kumolo memastikan pelaksanaan Tes Kemampuan Dasar (TKD) CPNS 2019 tidak akan molor alias sesuai jadwal.

"(Tes CPNS) sesuai jadwal lah pokoknya, 27 Januari sampai Februari," kata Tjahjo di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Senin (13/1/2020). (jef/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com