Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 22 Jan 2020 17:46 WIB

Lowongan CPNS Dibuka Lagi Tahun Ini?

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Badan Kepegawaian Nasional (BKN) mencatat jumlah tenaga honorer K2 hingga saat ini ada sekitar 300 ribuan orang. Jumlah tersebut belum termasuk tenaga pegawai tetap dan tidak tetap yang bekerja di instansi pusat maupun daerah.

Pemerintah sudah sepakat untuk menghilangkan status honorer diseluruh instansi pusat dan daerah melalui rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Pelaksana tugas Kepala Biro Humas BKN Paryono mengaku belum mengetahui kapan jadwal pemerintah akan membuka formasi CPNS dan PPPK tahun 2020. Namun, ia meminta agar masyarakat bisa menunggu.

"Kita tunggu ada nggak formasi 2020 kalau ada kan bisa daftar, kan yang PPPK formasi tahun lalu, dan tahun ini kemungkinan juga akan ada," kata Paryono saat dihubungi detikcom, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Terakhir, kata Paryono rekrutmen untuk para tenaga honorer sudah dilakukan pada 2019 melalui skema PPPK. Dari rekrutmen tersebut terdapat sekitar 50 ribu yang berhasil lolos.

Menurut Paryono penghapusan tenaga honorer melalui PPPK menjadi alternatif yang lebih realistis. Namun apakah hal tersebut akan langsung menyelesaikan permasalahan honorer di Indonesia?

Dia pun tidak bisa memastikan, sebab jika ada pembukaan formasi baru untuk PPPK harus diteliti terlebih dahulu apakah rekrutmen tersebut berlaku khusus atau umum.

"Apakah PPPK ke depan dikhususkan honorer K2 kita juga belum tahu, atau bisa untuk umum. Sehingga formasi PPPK tidak khusus sisa K2 ya tergantung regulasinya seperti apa," kata dia.

"Kalau memang regulasi PPPK khusus K2 ya bisa saja. Tapi bisa saja rekrutmen umum tapi honorer K2 juga bisa daftar," tambahnya.



Simak Video "Awasi Seleksi CPNS, Komisi II DPR Akan Bentuk Panja ASN"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com