Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 24 Jan 2020 14:41 WIB

Pakai CAT, Tes CPNS Dijamin Bebas dari Joki

Soraya Novika - detikFinance
Tes CPNS/Foto: Dok. PBSI
Jakarta -

Seleksi peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kali ini semakin diperketat. Dulu, seleksi CPNS identik dengan kongkalikong atau aksi Korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN) dan upaya kecurangan lainnya.

Namun, Pemerintah menjamin seleksi kali ini bakal terbebas dari aksi tersebut, bahkan dipastikan bakal lebih kompetitif, adil, obyektif, dan transparan. Lantas, apa jaminan yang disediakan pemerintah terkait hal tersebut?

Setelah CPNS melalui seleksi administrasi pada akhir 2019 lalu, langkah selanjutnya yang perlu untuk dilalui para peserta adalah tahap seleksi kompetensi dasar (SKD).

Sistem SKD kali ini dilaksanakan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). CAT merupakan tes dalam seleksi CPNS berbasis komputer, di mana nilai para peserta dapat dimonitor langsung oleh masyarakat umum saat peserta mengerjakan soal atau usai tes.


Sistem CAT telah diadakan sejak 2013 lalu. Namun, tak banyak masyarakat yang mengetahuinya.

"Berkat tes dengan sistem CAT ini, diharapkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah dalam perekrutan CPNS meningkat sebab tidak ada lagi celah untuk titip-menitip," ujar Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dalam keterangan resminya yang diterima detikcom, Jumat (24/1/2020).

Tujuan pengadaan sistem CAT dalam seleksi CPNS tidak lain untuk memperoleh ASN yang profesional, memiliki nilai dasar, dan etika profesi dalam melaksanakan tugas pelayanan publik, tugas pemerintahan, dan tugas pembangunan.

Tak hanya formasi umum, sistem CAT juga diterapkan untuk formasi khusus. Formasi khusus antara lain Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat Dengan Pujian/ Cumlaude, diaspora, penyandang disabilitas, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, dan tenaga pengamanan siber (cyber security).

Sebelum menjalan CAT, peserta seleksi CPNS akan diperiksa terlebih dulu. Mau tahu selengkapnya? Langsung klik halaman selanjutnya

Pakai CAT, Tes CPNS Dijamin Bebas dari Joki

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com