Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 25 Jan 2020 13:45 WIB

Tes CPNS Dimulai Senin Depan, Ini 'Bocoran' Soalnya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Tes untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai digelar pada Senin 27 Januari mendatang. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS tahun 2019 dilakukan hingga Februari 2020.

Plt Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengungkapkan kisi-kisi SKD CPNS tahun ini meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

"Dalam kategori itu ada pembahasan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara dan bahasa Indonesia," kata Paryono saat dihubungi detikcom, Sabtu (25/1/2020).

Kemudian kedua ada Tes Intelegensia Umum (TIU) mencakup kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan kemampuan figural. Lalu ada Tes Karakteristik Pribadi (TKP) seperti pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi profesionalisme.

Sebelumnya, BKN telah mengumumkan seleksi kompetensi dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2019 akan digelar serentak pada Senin 27 Januari 2020 mendatang.

Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Paryono menjelaskan untuk titik lokasi (tilok) BKN Pusat ini akan tersedia 450 Personal Computer (PC) yang ditempatkan pada tiga ruangan yang berbeda untuk memfasilitasi 2250 peserta.

Dia menjelaskan dalam pelaksanaan SKD setiap harinya terbagi maksimal 5 sesi, dan setiap sesi berlangsung 90 menit.

"Kepala BKN dijadwalkan akan membuka secara resmi pelaksanaan SKD di Kantor BKN Pusat pada pukul 08.00 WIB. Pada hari pertama pelaksanaan SKD tersebut, tilok BKN Pusat memfasilitasi SKD bagi peserta yang melamar formasi BKN dan BIN," ujar Paryono dalam keterangannya.

Persiapan Seleksi CPNS

Peserta SKD CPNS juga diminta untuk menyiapkan diri dengan menjaga kesehatan dan mempelajari kisi-kisi. Peserta tes CPNS diimbau mempersiapkan diri sebaik mungkin mulai dari persiapan belajar sampai kesehatan.

"Jaga kesehatan dan jangan lupa belajar serta sarapan," kata Paryono.

Dia mengungkapkan, selain itu peserta juga diminta tidak minum terlalu banyak. Hal ini untuk meminimalisir keinginan buang air kecil.

"Tapi jangan terlalu banyak minum air, karena di dalam ruangan kan akan lama sekitar 90 menit," kata dia.

Sebelumnya BKN menyatakan pelamar yang lulus administrasi atau memenuhi syarat untuk mengikuti SKD sebanyak 3.364.868 peserta, dari jumlah pendaftar sebanyak 4.433.029 orang.

"Selain itu, kami informasikan pula pada Jumat (24/01/2020) sore telah berlangsung pengarahan sekaligus penandatanganan Pakta Integritas Petugas CAT BKN dari Kepala BKN kepada ratusan petugas CAT BKN yang akan mengawal pelaksanaan SKD di berbagai tilok di Indonesia," jelas dia.



Simak Video "Awasi Seleksi CPNS, Komisi II DPR Akan Bentuk Panja ASN"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com