Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 27 Jan 2020 09:51 WIB

Tes CPNS Dimulai, Kepala BKN: Konsentrasi dan Jangan Panik

Anisa Indraini - detikFinance
Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana saat Meninjau SKD CPNS 2019/Foto: Anisa Indraini/detikcom
Jakarta -

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 dimulai hari ini. Para peserta tes diminta berkonsentrasi dalam mengerjakan setiap soal dan jangan panik.

Demikian disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana saat memberikan arahan kepada seluruh peserta tes CPNS 2019 di kantor Pusat BKN, Jakarta Timur, Senin (27/1/2020).

"Tenang, konsentrasi, dan nggak usah panik. Kalau tegang tuh soal nggak karu-karuan. Santai saja rileks, kalau tegang malah jadi kacau nanti," kata Bima.

Bima menjelaskan, manajemen waktu yang baik sangat penting bagi peserta dalam mengerjakan soal. Untuk itu ia menyarankan agar peserta mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu.

"Kerjakan dulu (soal) yang mudah. Waktunya sangat terbatas dan manajemen waktu jadi penting. Semangat mengerjakan sampai 90 menit. Jangan patah semangat, setiap detik berarti," perintah Bima.

Perlu diketahui, dalam SKD ini peserta harus mengerjakan sebanyak 100 soal dalam waktu 90 menit. Soal terdiri dari tiga jenis yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Sebagai informasi, pelaksanaan SKD dimulai pada hari ini, 27 Januari hingga 25 Februari 2020. Lokasi tes digelar di sejumlah provinsi, seperti DKI Jakarta, Aceh, Bangka Belitung, Jambi, Lampung, Riau, Sumatra Utara, Kepulauan Riau, Sumatra Barat, Bengkulu, dan lain-lain.



Simak Video "Awasi Seleksi CPNS, Komisi II DPR Akan Bentuk Panja ASN"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com