Jangan Terlena Passing Grade Turun, Soal Tes CPNS Lebih Susah Lho

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 27 Jan 2020 10:28 WIB
SKD CPNS di Kantor Pusat BKN/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Nilai ambang batas atau passing grade Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 diturunkan. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, meski passing grade diturunkan soal-soal yang diberikan lebih sulit.

"Kita setiap tahun selalu memperbaiki kualitas soal dan berdasarkan hasil dari tahun lalu kita evaluasi lagi dimana kekurangannya. Soal tahun lalu dengan soal tahun sekarang agak berbeda di kualitasnya. Lebih tinggi tingkat kesulitan yang sekarang," kata Bima di kantor pusat BKN, Jakarta Timur, Senin (27/1/2020).

Pemerintah telah melakukan evaluasi terhadap soal-soal SKD CPNS dengan pelaksanaan tahun lalu, sehingga terdapat perubahan passing grade. Berdasarkan Peraturan Menteri PAN-RB No. 24/2019 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan CPNS 2019, pelamar dengan jalur formasi umum dan formasi khusus tenaga pengamanan siber harus melampaui passing grade sebesar 126 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 untuk Tes Intelegensia Umum (TIU), dan 65 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

"Passing grade tahun sekarang TIU-nya 80, tahun lalu 75. Kalau TWK-nya tahun lalu 80, sekarang turun jadi 65. TKP-nya tahun lalu 143, sekarang jadi 126. Ada penyesuaian dari nilai itu ke dalam bobot dan kualitas soal," terangnya.

"Jadi kalau soal tahun lalu misalnya nilai TKP-nya 143, kalau dengan kualitas soal seperti sekarang 143 akan sangat tinggi. Jadi karena meningkat kualitas soalnya maka nilai TKP-nya diturunkan," sambungnya.

Meski begitu, Bima menjelaskan setiap soal memiliki tiga model. Mulai dari soal dengan tingkat kesulitan rendah, sedang dan tinggi.

"Ini komposisinya harus dibagi karena kalau tinggi semua nanti nggak ada yang lulus, atau kalau rendah semua nanti lulus semua," ucapnya.



Simak Video "Awasi Seleksi CPNS, Komisi II DPR Akan Bentuk Panja ASN"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)