Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 27 Jan 2020 10:52 WIB

Tes CPNS Dimulai, Ada Soal yang Bocor Nggak?

Anisa Indraini - detikFinance
Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 dimulai hari ini. Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan soal tes tidak bocor.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, pihaknya pun tidak pernah mengetahui isi soal tersebut.

"BKN sendiri pun nggak tahu soalnya karena begitu kita terima (soal) sudah dalam bentuk enkripsi yang dienkripsi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)," kata Bima di kantor pusat BKN, Jakarta Timur, Senin (27/1/2020).

Bima menjelaskan, semua soal dibuat oleh konsorsium perguruan tinggi. Pihak BKN hanya memfasilitasi berlangsungnya tes CPNS 2019.

"Jadi soalnya bukan BKN yang buat, tapi konsorsium perguruan tinggi yang buat. Nah oleh Mendikbud diserahkan ke Menpan-RB. Dari Menpan-RB diserahkan kepada BSSN baru diserahkan ke BKN. Kalau ditanya soalnya seperti apa, saya belum lihat soalnya dan nggak mungkin bisa lihat soalnya," terangnya.

Terkait soal tes CPNS yang beredar, Bima memastikan itu tak resmi. Hanya saja kemungkinan soal itu dibuat dari kisi-kisi yang sudah diumumkan sebelum SKD.

"Kita kan berikan kisi-kisi. Di Peraturan Menteri PAN-RB kan ada kisi-kisi. Seandainya bimbingan (belajar) buat soal berdasarkan kisi-kisi itu silakan saja. Nggak susah juga buat soal seperti itu," ucapnya.



Simak Video "Berkaca dari Tahun Lalu, Ombudsman Beri Catatan soal Persiapan CPNS"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com