Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 29 Jan 2020 13:59 WIB

Ada Rencana Lowongan CPNS Bisa Dibuka Kapan Saja

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) digelar serentak hari ini. Peserta penuhi Kantor BKN untuk mengikuti tes tersebut. Ada Rencana Lowongan CPNS Bisa Dibuka Kapan Saja. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Badan Kepegawaian Negara (BKN) membuka kemungkinan agar seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tak dilakukan secara serentak, alias bisa setiap saat.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan untuk pelaksanaan tes CPNS bisa dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu pembukaan lowongan secara serentak.

"Saya sih berharap ke depan mungkin sistem seleksinya agak berbeda tidak tes seperti ini, tapi model tes TOEFL. Itu kan kapan saja bisa dilakukan. Jadi tidak gaduh ribuan orang tes. Setiap hari bisa tes," kata Bima di kantor pusat BKN, Rabu (29/1/2020).

Nantinya, kata Bima, penerimaan tes CPNS juga bisa dilakukan dengan sistem pemeringkatan nilai atau ranking di tiap formasi yang dibutuhkan.


"Kemudian formasinya langsung seperti anak SMA daftar, ada rankingnya. Untuk setiap formasi, gitu. Jadi selesai tanpa kegaduhan yang berarti," ujarnya.

Menurut Bima, sistem seperti itu dinilai lebih efektif dibanding pelaksanaan tes yang dilakukan secara serentak. Namun, sistem tersebut juga harus dibarengi dengan pelaksanaan yang transparan dan akuntabel.

"Itu ke depan seperti itu, itu akan lebih efektif, tidak gaduh, semua tenang, dan tidak stres. Tapi dengan transparansi dan akuntabilitas yang harus minimal sama," tuturnya.



Simak Video "Awasi Seleksi CPNS, Komisi II DPR Akan Bentuk Panja ASN"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com