Lowongan CPNS Dibuka Lagi September 2020?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Rabu, 29 Jan 2020 14:14 WIB
Seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) digelar serentak hari ini. Peserta penuhi Kantor BKN untuk mengikuti tes tersebut.
Lowongan CPNS Dibuka Lagi September 2020? Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan siap bila lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) kembali dibuka untuk tahun ini. BKN hanya perlu menunggu arahan dari pemerintah pusat.

"Ya kalau kita BKN siap. Tinggal kebijakan pemerintahnya, kalau disuruh jalan siap," kata Kepala BKN Bima Haria Wibisana di kantor pusat BKN, Jakarta Timur, Rabu (29/1/2020).

Meski begitu, Bima sendiri belum mengetahui kapan pastinya pembukaan lowongan CPNS kembali dibuka. Tapi menurut Bima, bila lowongan CPNS akan kembali dibuka maka kemungkinannya akhir 2020.

Hal ini lantaran pemerintah masih melaksanakan proses penerimaan untuk CPNS tahun 2019.


"Kita belum dapat informasinya, mungkin setelah ini (CPNS 2019 selesai). Tapi kalau ada lagi, mungkin nanti September baru akan (dibuka). Berapa formasinya belum tahu," katanya.

Sebelumnya, Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Setiawan Wangsaatmaja memberikan sinyal bahwa lowongan CPNS masih akan terus dibuka. Seleksi CPNS masih akan terus dibuka dengan menyesuaikan kebutuhan yang diusulkan masing-masing instansi. Namun, Setiawan tak bisa memastikan kapan seleksi tersebut dibuka.

"Formasi dibuka atas kebutuhan instansi pemerintah. Sepanjang lulus persyaratan dan ada formasi yang dibuka oleh instansi oleh pemerintah pusat atau Pemda. Sepanjang formasi tersebut dibutuhkan. Fokus kita semua instansi pemerintah harus mengusulkan berdasarkan kebutuhan untuk instansi unit organisasi," katanya beberapa waktu lalu.



Simak Video "KPK Tahan Eks Pejabat Pemkab Subang Heri Tantan Sumaryana"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/ang)