Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 20 Feb 2020 13:21 WIB

Kisah Unik Pelamar CPNS: Pakai Jimat hingga Ikut Tes Usai Melahirkan

Vadhia Lidyana - detikFinance
Seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) digelar serentak hari ini. Peserta penuhi Kantor BKN untuk mengikuti tes tersebut. SKD CPNS/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana bercerita soal kisah-kisah lucu yang terjadi selama Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun 2019 yang sedang berlangsung.

Bima mengatakan, ada peserta yang tertangkap menggunakan jimat agar lolos SKD. Bahkan, ada juga peserta yang baru saja melaksanakan akad nikah langsung bergegas menghadiri SKD.

"Banyak jimat yang digeledah. Hari ini masih pakai jimat? Ngapain? Banyak hal-hal lucu yang kami temukan, juga banyak yang dramatis juga. Dia harusnya menikah pada hari itu, kemudian ijab kabulnya dipercepat. Setelah selesai mereka lari ke tempat tes, suami-istri. Jadi ditinggal perkawinannya hanya untuk tes CPNS," ungkap Bima dalam Konferensi Pers Spesial #CPNS2019 di kantornya, Jakarta Timur, Kamis (20/2/2020).

Tak kalah lucu, ada juga peserta CPNS 2019 yang baru saja melahirkan dua hari sebelum tes, namun menyempatkan diri untuk menghadiri SKD.

"Ada yang baru melahirkan dua hari, langsung tes CPNS. Ada juga yang baru dua minggu lahiran, lalu dia bawa bayinya masih merah," papar Bima.

Untuk melayani peserta CPNS yang menurutnya unik ini, ia meminta Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) baik di pusat maupun daerah dapat menyediakan fasilitas yang memadai, misalnya tempat penitipan anak.

"Kami mengimbau panitia memberikan fasilitas seperti ini. Ada juga yang sudah memberikan fasilitas penitipan anak. Kalau di Jakarta tidak terlalu banyak. Kalau di daerah banyak yang bawa anak, orang tuanya tes. Kalau kami bisa memberikan pelayanan lebih baik, akan membuat nyaman peserta SKD," imbuh dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Awasi Seleksi CPNS, Komisi II DPR Akan Bentuk Panja ASN"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com