Catat! Ini yang Perlu Kamu Tahu soal Lowongan CPNS 2021

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 07 Sep 2020 06:10 WIB
Rangkaian Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 kembali dilanjutkan. Tes dilakukan dengan protokol kesehatan ketat terkait pandemi COVID-19.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Bagi masyarakat yang ingin menjadi Abdi Negara tak ada salahnya siap-siap dari sekarang. Sebab, pemerintah memastikan akan membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun depan.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Andi Rahadian menjelaskan, saat ini tengah berlangsung proses pengajuan dan verifikasi instansi, baik pemerintah pusat maupun daerah.

"Rekrutmen ASN untuk tahun 2021 akan diadakan. Saat ini sedang dilakukan proses pengajuan serta verifikasi dan validasi usulan dari masing-masing instansi pemerintah di pusat dan daerah," jelasnya kepada detikcom, Minggu (6/9/2020).

Dia mengatakan, proses rekrutmen mempertimbangkan kebutuhan dan evaluasi atas dampak pandemi COVID-19. Lanjutnya, pengadaan ini diprioritaskan untuk tenaga pendidikan hingga kesehatan.

"Proses ini akan mempertimbangkan kebutuhan untuk pembangunan nasional dan kebutuhan daerah, serta hasil evaluasi atas dampak pandemi COVID-19," ujarnya.

"Untuk itu pengadaan formasi ASN saat ini diprioritaskan pada tenaga pendidikan, tenaga kesehatan dan tenaga teknis," sambungnya.

Andi belum merinci waktu pelaksanaan rekrutmen tahun depan. Ia menambahkan, untuk lowongan CPNS guru tengah dilakukan validasi.

"Jumlah kebutuhan CPNS guru untuk tahun 2021 saat ini masih dalam proses validasi, termasuk proses validasi dengan menggunakan data dapodik dari Kemdikbud," terangnya.

Nasib Honorer Bagaimana? klik halaman selanjutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Formasi CPNS 2021 Prioritaskan Guru, Nakes, dan Tenaga Teknis"
[Gambas:Video 20detik]