Catat! Hasil Seleksi CPNS 2019 Diumumkan 30 Oktober

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 15 Okt 2020 16:06 WIB
Rangkaian Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 kembali dilanjutkan. Tes dilakukan dengan protokol kesehatan ketat terkait pandemi COVID-19.
Seleksi CPNS 2019/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Seleksi CPNS tahun 2019 hampir selesai. Seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS yang dimulai sejak September lalu sudah selesai dilakukan. Kini para peserta tinggal menunggu hasil pengumuman seleksi yang dijadwalkan tanggal 30 Oktober 2020.

Saat ini seluruh instansi pemerintah yang membuka seleksi CPNS sedang melakukan perhitungan penilaian dan verifikasi dari semua tes yang dilakukan. Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Aris Windiyanto mengatakan saat ini proses sedang dilakukan di setiap instansi.

"Setelah SKB selesai 12 Oktober kemarin secara keseluruhan, maka tim pengolah hasil BKN melakukan pengumpulan, pengolahan, atau pra pengolahan untuk keseluruhan instansi. Di sisi lain, masing-masing instansi juga melakukan perhitungan dan verifikasi hasil SKD sekaligus mengintegrasikan dengan SKB," jelas Aris dalam sebuah webinar, Kamis (15/10/2020).

Aris menjelaskan pihaknya juga akan melakukan rekonsiliasi dan harmonisasi perhitungan SKD dan SKB. Proses ini dilakukan dengan masing-masing instansi, sehingga diperoleh data yang sama.

"Nanti pada tanggal 19-23 Oktober, kita akan melakukan rekonsiliasi hasil untuk persiapan integrasi SKD-SKB, sehingga nantinya akan diperoleh data yang valid. Data yang sama antara instansi dan BKN. Ini untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan," ungkap Aris.

Kemudian, pengolahan data paling akhir akan dilakukan tanggal 26-28 Oktober oleh BKN. Lalu, pengumuman hasil seleksi CPNS 2019 akan dilakukan pada 30 Oktober.

"Diharapkan pada tanggal 30 Oktober sudah dapat dilakukan pengumuman hasil seleksi CPNS 2019. Ini target yang kita kejar untuk pelaksanaan ataupun penyelesaian hasil seleksi CPNS 2019," ungkap Aris.

Aris mengatakan, usai pengumuman pihaknya juga memberikan masa sanggah mulai dari tanggal 31 Oktober hingga 3 November 2020.

"Setelah pengumuman 30 Oktober nanti, kita akan memberi masa sanggah bagi peserta tanggal 31 Oktober sampai 3 November. Ada 4 hari bisa menyanggah pengumuman hasil seleksi tersebut," ujar Aris.

Setelah semua tahap selesai, Aris menyatakan proses pengangkatan CPNS yang lolos seleksi akan dilakukan pada tanggal 1 Desember 2020.

(ara/ara)