Cek di Sini! Lowongan CPNS 2021 Dibuka Lebih Banyak dari Tahun lalu

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 30 Okt 2020 05:30 WIB
Para calon PNS mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) di Kantor Wali Kota Jaksel. Ada ribuan peserta yang mengikuti tes ini.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) berencana membuka kembali seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2021. Pada lowongan CPNS 2021, jumlah formasi yang dibuka diperkirakan lebih banyak dari tahun sebelumnya.

"Mengenai jumlah formasi CPNS untuk tahun 2021, kami perkirakan akan lebih besar dari jumlah formasi tahun 2019," ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik sekaligus Juru Bicara Kemenpan-RB Andi Rahadian kepada b, Kamis (29/10/2020).

Alasannya, karena selama tahun 2020 ini tidak ada rekrutmen CPNS. "Sehingga jumlah kebutuhan formasi kemungkinan diakumulasikan di formasi tahun 2021," sambungnya.

Soal berapa banyak jumlah dan jenis formasi yang ditambah pada seleksi CPNS 2021, kata Andi masih dalam proses penyusunan internal. Sekaligus juga terkait tanggal pembukaan CPNS 2021 itu sendiri.

"Masih sedang dalam tahap penyusunan jenis formasi, jumlah formasi dan berbagai persiapan lainnya. Hingga saat ini, pemerintah sedang fokus menyelesaikan rangkaian penerimaan CPNS 2019 dan juga membahas waktu atau bulan yang tepat untuk mengumumkan penerimaan CPNS dan PPPK formasi tahun 2021," paparnya.

Selain membuka seleksi CPNS, pemerintah juga memungkinkan pembukaan kembali pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun depan. Sebelumnya, sejak 2019 pemerintah tidak membuka sama sekali rekrutmen PPPK karena terganjal masalah anggaran daerah.

"Akan ada penerimaan PPPK untuk formasi tahun 2021," ucapnya.

(fdl/fdl)