Seleksi CPNS Dibuka Lagi Mei 2021, Berapa Banyak Formasinya?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 29 Des 2020 13:47 WIB
Banner Lowongan CPNS
Foto: Tim Infografis
Jakarta -

Seleksi penerimaan CPNS akan kembali dibuka tahun depan. Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan pengumuman formasi yang dibuka akan dilakukan Mei 2021.

Hingga kini Bima sendiri mengatakan dirinya belum bisa memprediksi berapa banyak formasi yang akan dibuka. Yang jelas menurutnya seleksi CPNS 2021 dibuka karena ada kebutuhan pegawai.

"Hanya ketika instansi sudah sampaikan formasi itu kepada PANRB, kami baru bisa tetapkan berapa banyak formasinya, diperkirakan formasinya Mei sudah dapat ditetapkan," ujar Bima dalam konferensi pers virtual, Selasa (29/12/2020).

"Untuk seleksi CPNS tahun 2021 memang kami merencanakan untuk bisa dilaksanakan, karena ada kebutuhan untuk itu," lanjutnya.

Bima menjelaskan saat ini ada beberapa tahapan yang harus dilakukan sebelum formasi CPNS dapat ditetapkan. Salah satunya adalah penghitungan ulang kebutuhan kepegawaian di tiap instansi.

"Pertama tentu daerah atau instansi perlu menghitung ulang kebutuhan CPNS-nya untuk 5 tahun. Setelah mengetahui kebutuhan untuk 5 tahun itu, mereka membaginya ke dalam periode tahunan. Jadi tidak sekadar membagi 5 (tahun), tapi berapa tahun pertama, tahun kedua, sampai tahun kelima," ujar Bima.

Selanjutnya
Halaman
1 2