Ini Posisi yang Dibutuhkan di CPNS 2021

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 30 Des 2020 13:57 WIB
Ratusan CPNS mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di Sport Center Arcamanik, Kota Bandung, Senin (14/9). Tes dilakukan dengan protokol kesehatan.
Tes CPNS. Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Pemerintah memastikan akan membuka lowongan CPNS 2021. Lowongan CPNS ini dibuka setelah Mei tahun depan.

Namun, Pelaksana tugas (Plt) Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PAN-RB, Teguh Widjinarko mengatakan, pemerintah belum memutuskan tanggal pembukaan lowongan CPNS 2021 ini.

"Dibuka kira-kira setelah bulan Mei tahun 2021, waktu tepatnya belum ditentukan," kata Teguh saat dihubungi detikcom, Senin lalu (28/12/2020).

Teguh mengatakan pemerintah sudah memiliki prioritas formasi yang dibuka untuk CPNS 2021. Formasi yang menjadi prioritas adalah lowongan untuk bidang kesehatan, pendidikan, dan bidang teknis.

Teguh melanjutkan, formasi prioritas CPNS 2021 ini merupakan upaya pemerintah untuk mencapai sasaran pembangunan nasional. Dia bilang, pihaknya tengah menghimpun data kebutuhan masing-masing instansi baik pusat maupun daerah.

"Saat ini kita masih menghimpun data kebutuhan (CPNS) dari masing-masing instansi (pusat dan daerah)," kata Teguh.

Tambahnya, penghimpunan data dalam lowongan CPNS 2021 ini dilakukan untuk mengetahui usulan instansi apakah atas dasar keinginan atau kebutuhan.

"Usulan yang masuk harus kita verifikasi karena seringkali terjadi usulan yang masuk adalah atas dasar keinginan, bukan atas dasar kebutuhan nyata. Nanti setelah proses ini selesai dan ada pertimbangan Menkeu dan BKN, barulah bisa kita tetapkan," jelasnya.

Sudah siap ikut CPNS 2021? Semoga berhasil.



Simak Video "Formasi CPNS 2021 Prioritaskan Guru, Nakes, dan Tenaga Teknis"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/ang)