Tjahjo: Setiap Ada Lowongan CPNS, Pasukan Calo Gentayangan di Mana-mana

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 24 Mar 2021 15:13 WIB
Sekjen KPK Cahya Harefa mengantarkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo, menuju kendaraan dinas menteri di gedung KPK, Jakarta, Senin (21/12/2020).
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo menyebut masih banyak calo-calo bergentayangan setiap ada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Hal itu diungkapkan Tjahjo dalam rapat kerja (raker) bersama Komisi II DPR RI, Rabu (24/3/2021).

"Pada forum yang terhormat ini kami sudah mengimbau karena setiap ada CPNS ini yang namanya pasukan calo ini bergentayangan di mana-mana. Saya kira setiap tahun ini pasti ada," ungkap Tjahjo dalam raker dengan Komisi II DPR RI, Rabu (24/3/2021).

Tjahjo menceritakan pada penerimaan CPNS 2019 lalu rumahnya pernah didatangi sejumlah orang. Mereka diarahkan para calo untuk mendatangi Tjahjo agar bisa diterima sebagai PNS dengan SK khusus. Nyatanya, pemerintah tidak pernah menerima CPNS dengan SK khusus begitu.

"Sebagai contoh saja yang penerimaan 2019 itu ada yang tega, bawa sejumlah orang lebih dari 10 pakaian putih-putih lengkap mendatangi rumah saya, 'ini katanya pak MenPAN mau menyerahkan SK khusus' dan itu dikumpulkannya di hari-hari libur ya di gedung DPR ini sampai bisa ratusan orang," ungkapnya.

Namun, untungnya para calo tersebut sudah ditindak oleh Polda Metro Jaya. Pasalnya, para calo tersebut telah membuat rugi korbannya hingga miliaran rupiah.

"Alhamdulillah orangnya sudah ditangkap, itu sampai puluhan miliar, itu dia ditangkap oleh Polda Metro Jaya di satu jaringan ini," katanya.

Lebih lanjut, Tjahjo mengungkapkan ada beragam modus calo saat musim-musim penerimaan CPNS. Bahkan, pelakunya ada yang merupakan mantan PNS yang punya jaringan kepada penerimaan CPNS tersebut.

Akan tetapi, dipastikan Tjahjo hal-hal semacam itu tidak akan mudah lolos begitu saja. Sebab, sistem penerimaan CPNS, katanya sudah dibuat sedemikian ketatnya demi mencegah aksi-aksi curang tadi.

"Tapi untuk calo sangat sulit, modusnya macam-macam, dengan segala hormat yang ketangkap itu juga mantan PNS yang punya tapi di PANRB dan BKN sudah memperkuat rambu-rambu itulah jadi sulit untuk bermain, karena sanksinya kalau ketauan ya kita pecat kalau memang bermain," tuturnya.

Simak juga Video: Siap-siap! CPNS Dibuka April-Mei, Ini Formasinya

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/zlf)