Catat! Ini Posisi Paling Banyak Dibutuhkan di Rekrutmen CPNS 2021

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 10 Apr 2021 11:30 WIB
Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Surabaya menggelar Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Tahun Anggaran 2019. Puluhan peserta yang reaktif mengikuti ujian di bilik khusus.
Foto: Deny Prastyo Utomo
Jakarta -

Pemerintah kembali membuka rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) bagi putra-putri Indonesia. Rekrutmen CPNS 2021 ini dibuka salah satunya untuk menyerap lebih banyak guru yang masih dianggap kurang.

Untuk itu, tak heran kemudian pemerintah membuka hingga 1 juta lebih lowongan untuk guru dengan skema PPPK. Adapun dari usulan yang disampaikan instansi di pemerintah pusat hingga daerah tercatat total kebutuhan ASN-nya mencapai 1.275.387 formasi. Dari total tersebut, sebanyak 1.022.616 formasi di antaranya untuk ditempatkan sebagai guru PPPK.

"Guru PPPK sebanyak 1.022.616, PPPK non guru sebanyak 70.008, dan CPNS 119.094," ujar Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo dalam Konferensi Pers Virtual, Jumat (9/4/2021).

Selain guru PPPK, jabatan apalagi yang paling banyak dibutuhkan tahun ini?

Di Pemerintah Pusat, jabatan yang dibutuhkan paling banyak adalah dosen, penjaga tahanan, penyuluh KB, Analis Perkara Peradilan, Pemeriksa, Perawat, Analis Hukum Pertanahan, Jaksa, Dokter, Statistisi, Pranata Komputer, Pranata Barang Bukti, Pengawas Farmasi dan Makanan, Penyuluh Perikanan, dan Perencanaan.

Lalu untuk yang di Pemerintah Provinsi dan Daerah, selain jabatan guru, jabatan yang paling dibutuhkan adalah perawat, bidan, dokter, apoteker dan asisten apoteker, perekam medis dan pranata laboratorium.

Jabatan teknis juga banyak dicari seperti penyuluh pertanian, auditor, pengelola pengadaan barang dan jasa, pranata komputer, polisi kehutanan, hingga pengawas benih tanaman.

Berikut daftar lengkap:

Data Loker CPNSData Loker CPNS Foto: Dok. Kemenpan RB
(fdl/fdl)